Jumat , 18 May 2012, 10:59 WIB

Inilah Tips Wawancara

Rep: Agung Sasongko/ Red: Yudha Manggala P Putra
LP3I
LP3I

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Informasi yang berada di lingkungan sekitar cukup melimpah dan beragam. Pertanyaannya, bagaimana untuk menjaring informasi itu untuk selanjutnya diubah menjadi sebuah tulisan yang menarik dan informatif.

Kira-kira itulah yang banyak ditanyakan mahasiswa LP3I yang hadir dalam acara Republika Online Journalism Training, Rol to Campus di Kampus LP3I Kramat Raya, Jakarta, Jumat (18/5).

Menjawab pertanyaan itu, Redaktur ROL, Hafidz Muftisany mengatakan untuk menjaring informasi itu cukup berpatokan pada 5W + 1 H yakni Apa, Siapa, Kapan, Dimana dan bagaimana. "Melalui metode itu, reporter dapat menjaring informasi apa yang dibutuhkan untuk memperkuat tulisan yang hendak dibuat," kata dia.

Selanjutnya, kata Hafiz--sapaan akrabnya, metode itu dapat diterapkan dengan dua teknik bertanya yakni pertanyaan terbuka dan tertutup. Nah, untuk pertanyaan terbuka itu untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, sifatnya memperkaya penulisan. 

Pertanyaan tertutup digunakan untuk mengkonfirmasi suatu isu atau informasi yang banyak dipertanyakan masyarakat.

"Jadi, sebenarnya mudah saja untuk menjaring informasi yang kalian inginkan. Tentu, informasi itu sudah harus disesuaikan dengan fokus dan angle penulisan yang dikehendaki," kata dia.