Senin , 24 November 2014, 13:33 WIB

Wali Kota Invercargill City Kunjungi LP3i

Rep: niken paramita/ Red: Taufik Rachman
Kunjungan Walikota Invercargill City ke LP3i
Kunjungan Walikota Invercargill City ke LP3i

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA –Wali Kota Invercargill City, New Zealand, Tim Shadbolt, mengunjungi Politeknik LP3i, Rabu (19/11). Kunjungan ini bertujuan untuk mempererat hubungan kerja sama bilateral di bidang pendidikan vokasi antara Negara Selandia Baru dengan Indonesia.

Turut pula hadir Deputy CEO Corporate of Southern Institute of Technology (SIT), Chairman of Education Network Indonesia, Direktur Politeknik LP3I Jakarta, dan International Affair Manager of LP3i Jakarta.

Kerja sama bilateral SIT dan LP3I tertuang dalam bentuk studi lanjut mahasiswa Politeknik LP3i Jakarta, program magang dan kerja pertukaran tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, Cross Culture Program mahasiswa SIT ke Politeknik LP3i Jakarta, pelatihan dan pengembangan kemampuan Bahasa Inggris.

“Kami ingin mahasiswa LP3i tidak hanya berkiprah di dalam negeri saja namun juga di dunia internasional. Kami memilih New Zealand untuk bekerja sama karena New Zealand merupakan salah satu Negara Mutual Recognition Arrangement (MRA).” Ujar Noor Haris Effendi selaku International Affair Manager LP3i Jakarta. Noor menambahkan bahwa biaya hidup di New Zealand juga relatif murah dibandingkan negara-negara lain.

Sejalan dengan itu, CEO Corporate of Southern Institute of Technology Bharat Ferhardi Ghuha mengatakan dirinya mengundang mahasiswa Indonesia berkunjung ke New Zealand.

“SIT adalah universitas ke enam terbesar di New Zealand. Kami memiliki 10 ribu mahasiswa aktif di New Zealand. Kami memiliki ribuan mahasiswa internasional dari Cina, India, Pakistan, Bangladesh, Vietnam, dan Jerman. Kenapa kami menerima mahasiswa internasional karena sebagai kota Invercargill hanya dipadati 50 ribu penduduk. Jadi kami ingin menarik lebih banyak anak muda untuk belajar dan memadati kota Invercargill,” kata Bharat.

SIT merupakan salah satu politeknik negeri di selatan New Zealand. SIT menawarkan 4 program bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya dari diploma ke sarjana dalam waktu 18 bulan saja. Empat program yang ditawarkan antara lain Bachelor of Commerce, Bachelor of Management, Bachelor of Hotel Management, Bachelor of Information Technology.

Mahasiswa diperbolehkan untuk bekerja sampingan hingga 20 jam per minggu di masa belajar dan 40 jam perminggu selama liburan. Tim Shadbolt, Walikota Invercargill City juga turut menyatakan dukungannya dalam kerjasama ini. Shadbolt menyatakan bahwa New Zealand merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa terdapat Masjid besar di Invercargill City dan kini New Zealand juga mengembangkan wisata halal untuk Muslim.