Senin 07 Apr 2014 16:35 WIB

Guru Terbaik LP3I Mendapat Hadiah Umrah

Rep: CR 01/ Red: Taufik Rachman
Guru terbaik LP3I
Guru terbaik LP3I

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Pemilihan guru terbaik LP3I berhasil menemukan guru-guru dengan potensi mendidik yang tak biasa. Diantara 220 guru yang mendaftar diketahui telah berhasil mengembangkan metode pembelajaran yang mampu meningkatkan kualitas pendidikan dengan pendekatan kewirausahaan.

Mereka menciptakan berbagai kreasi baru bagaimana setiap pengajaran dilancarkan dengan kecakapan enterpreneurship. “Misalnya pelajaran Biologi dikembangkan untuk kewirausahaan. Mereka bukan hanya sekadar konsep tapi mereka juga sudah mengimplikasikannya secara langsung. Bahkan siswanya sudah mendapatkan penghasilan,” ujar Direktur Eksternal LP3I, Sudrajat Rasyid salah satu juri.

Sepuluh diantaranya terpilih menjadi yang terbaik. Pemenang menurut Sudrajat diukur berdasarkan cash flow atas usahanya.

Acara telah di ikuti 220 peserta dari seluruh Indonesia hingga tersaring menjadi 10 besar, Juara 1 dengan hadiah utama Umroh diraih oleh Ruswanto guru asal SMAN 1 Purbalingga, Juara 2 mendapatkan uang tunai Rp 7 juta diraih oleh Miftahul Falah guru asal MAN 2 Kudus, dan juara 3 dengan hadiah Rp 5 Juta diraih oleh Muhlisin guru SMA Cahaya Madani Banten Boarding School.

“Ke depan kami berharap karya-karya ini benar benar bisa di dukung oleh pemerintah, sehingga tujuan menyukseskan pembangunan bangsa serta keberhasilan mencetak generasi cemerlang benar benar bisa terwujud. Kami juga berharap ajang seperti akan lebih memotivasi guru guru diseluruh Indonesia untuk ikut serta kembali pada ajang LP3I berikutnya di tahun depan," jelasnya.

Berikut 10 Nominator Guru Terbaik LP3I 2013

1. Hadiyanto Syahputra - SMK PIRI 1 dengan karya "Penerapan Pembelajaran Chemo Entrepreneurship Pada materi Makromolekul Bentuk Inovasi Bidang Pendidikan Sebagai Upaya Pengentasan Pengangguran Di Indonesia"

2. Instanta - SMKN 1 Cempaga Hulu Kalimantan Tengah. Karya: "Kompor Bio Massa"

3. Yuzelma - SMKN 2 Pekanbaru. Karya: "Implementasi Program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Dalam Pengembangan Home Industri Dalam rangka Menumbuhkan Jiwa Wirausaha di SMK"

4. Turati - MAN Kota Tegal. Karya: "Pengolahan Air Sungai Dengan Filterisasi Sederhana"

5. Agus Oloan Naibaho - SMAN 13 MEDAN. Karya: "Menciptakan Sekolah Yang Mampu Mewujudkan Generasi Penerus Bangsa Yang Bermartabat, Berkarakter, Menguasai ITC, Mencintai Lingkungan, Mempunyai Life Skill, Kreatif dan Inovatif dengan Pembelajaran Kontekstual"

6. Susi Sukaesih - SMK ITACO. Karya: "Peningkatan Mutu Pendidikan Kewirausahaan di Bidang Design Grafis Siswa/I SMK ITACO Melalui Praktek Langsung"

7. Muhammad Miftahul Falah - MAN 2 KUDUS. Karya: "Efektifitas Pemanfaatan Papan Tulis Online Sebagai Media Pembelajaran Fisika Jarak Jauh"

8. Ruswanto - SMAN 1Purbalingga. Karya: "Implementasi Pembelajaran - Komedi Putar Jaga Warung - pada Materi Pencemaran Lingkungan (Suatu Alternatif Menggagas Paradigma BaruPembelajaran Berbasis Entrepreneur Sebagai Upaya Pengentasan Pengangguran Di Indonesia"

9. Muhlisin - SMA Cahaya Madani Banten Boarding School. Karya: "Mengembangkan Entrepreneurship, Menghapuskan Pengangguran"

10. Mulkilah - SMAN 5. Karya: "Optimalisasi Otonomi Daerah, Kurikulum dan Pembelajaran 'Life Skills Education' Sebagai Multivitamin Wirausaha Pengentas Pengangguran"

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement