Jumat, 6 Safar 1436 / 28 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Kuliah Sukses di Jurusan Psikologi

Jumat, 04 Maret 2011, 17:00 WIB
Komentar : 6
Dewi Mardiani/Republika
Mahasiswa kuliah/Ilustrasi
Mahasiswa kuliah/Ilustrasi

Pertanyaan

Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh,

Ibu Evi, saya Indri (18) mahasiswi jurusan Psikologi. Sebagai mahasiswi semester pertama, saya merasa perlu menyesuaikan diri dengan cara belajar di universitas ini. Pertanyaan saya, bagaimana caranya untuk mendapatkan IP yang tinggi dan lancar di dalam dunia perkuliahan ini. Karena dari kabar yang saya dengar, jurusan Psikologi ini termasuk jurusan yang susah untuk lulus dengan waktu yang singkat. Itu saja yang ingin saya tanyakan, Bu. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Indri, Jakarta

 

Wa'alaikumsalam warrahmatullahi wabarakatuh,

Indri yang manis dan cerdas, selamat ya Anda sudah menjadi mahasiswi jurusan Psikologi. Saya senang, kamu punya motivasi belajar yang tinggi sehingga berusaha menyesuaikan diri/beradaptasi dengan cara belajar di universitas. Kamu benar, sistem perkuliahan di universitas tentu saja berbeda dengan di SMA. Di universitas kamu  mengenal sistem SKS, dimana setiap mata kuliah memiliki bobot SKS yang berbeda-beda. Setiap semester kamu harus mengambil sejumlah SKS tertentu bukan?

Pertanyaanmu, bagaimana caranya mendapatkan IP yang tinggi dan lancar di jurusan psikologi. Indri sayang, menurut saya yang menentukan susah untuk lulus atau cepat lulus adalah diri kita sendiri, bukan jurusan. Jurusan Psikologi misalnya. Sebab, buktinya ada mahasiswa Psikologi yang lulus dalam waktu singkat, 3,5 tahun lho.

Bagaimana caranya? Modal pertama yang harus dimiliki adalah motivasi intrinsik, yaitu motivasi dari dalam diri kita sendiri bahwa kita memang ingin lulus cepat dengan Indeks Prestasi yang tinggi. Nah, motivasi yang kuat menjadi dorongan untuk kita bagaimana caranya mendapatkan IP yang tinggi dan dapat menyelesaikan kuliah dalam waktu singkat. Tentu saja caranya dengan belajar efektif. Hal ini menjadi modal kedua.

Bagaimana belajar yang efektif itu? Agar belajar menjadi efektif atau berhasil guna, maka kita harus mengetahui apa manfaat belajar dari mata kuliah yang kamu pelajari di jurusan psikologi. What it is for me atau apa manfaatnya bagiku. Ketika kamu mempelajari sesuatu, kaitkan dengan kehidupan. Dengan demikian kamu akan berminat mempelajari mata kuliah yang kamu ambil. Kalau kita berminat dan menyukai mata kuliah yang sedang kita pelajari akan memudahkan kita untuk memahaminya. Nah, kalau kita paham, maka nilai yang kita perolehpun insyaallah bagus.

Hal penting juga, lakukan komunikasi yang baik dengan dosen. Jika ada hal yang belum kamu pahami benar maka jangan segan-segan bertanya. Sebab, biasanya dosen akan senang lho jika ada mahasiswanya bertanya. O ya Indri, kamu juga harus yakin dan percaya diri bahwa kamu bisa memperoleh IP dengan cara yang tepat dan lulus cepat.  Keyakinan bahwa kamu bisa menjadi hal yang penting, sebab akan menjadi autosugesti, sehingga mendorong kamu untuk melakukan aktivitas untuk meraih IP tinggi dan cepat lulus.

Bagaimana caranya dapat lulus cepat? Nah, hal ini terkait dengan manajemen waktu. Mahasiswa yang lulus dengan cepat biasanya adalah mahasiswa yang cerdas mengelola waktu dengan baik. Mereka tidak mau membuang waktu dengan percuma. Bukan berarti mahasiswa yang lulus cepat tidak memilki aktivitas yang lain lho. Mereka bisa saja aktif di organisasi kemahasiswaan atau lingkungan sosialnya.  Bahkan ada juga lho mahasiswa yang kuliah sambil magang atau bekerja, tapi IP-nya tetap tinggi dan dia dapat lulus sesuai target.

Mahasiswa yang demikian biasanya cerdas membagi kapan waktu untuk belajar, berorganisasi dan bekerja. Bagi mereka, waktu menjadi sangat berharga. Hal penting yang harus Indri ketahui adalah masalah penelitian dan penulisan skripsi. Biasanya mahasiswa yang lulus cepat adalah mahasiswa yang sudah memiliki proyeksi penelitian sejak semester awal. Dia tahu minatnya meneliti bidang apa, permasalahan apa yang akan diteliti dan sebagainya. Dengan demikian dia sudah fokus pada keminatan dan pengumpulan bahan atau referensi yang mendukung minat penelitiannya.  Mahasiswa yang lulus dengan cepat adalah mahasiswa yang dapat melakukan penelitian dan menuliskannya dalam bentuk skripsi. Sebab, skripsi  merupakan syarat kelulusan.

Indri yang dirahmati Allah swt, jika kita sudah memiliki motivasi belajar yang tinggi, percaya diri, komunikasi yang baik dengan dosen, manajemen waktu yang cerdas maka ada  hal yang sangat penting dan tidak boleh dilupakan adalah berdo'a. Sebab dengan berdoa insyaallah apa yang kita lakukan akan diridhoi Allah swt. Amiin. Baik Indri,  jika kamu dapat melakukan langkah-langkah di atas disertai do'a kepada Allah swt, insyaallah apa yang kamu inginkan, IP tinggi setiap semesternya, kuliah lancar dan lulus kuliah dengan cepat dapat tercapai dengan baik.


Evi Afifah Hurriyati, M.Si
Trainer Pendidikan & Kepala Program Sekolah Guru Ekselensia Indonesia LPI Dompet Dhuafa Republika

pendidikan@rol.republika.co.id

 

Redaktur : Mohamad Afif
Salah satu di antara kalian tidak beriman sebelum ia mencintai saudaranya (atau beliau bersabda: tetangganya) seperti mencintai diri sendiri. (HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Menteri Susi akan Mundur Jika Hal Ini tak Disetujui
JAKARTA -- Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti memiliki cerita tersendiri selama satu bulan masa kerjanya. Menurutnya kabinet kerja memiliki kesolidan yang luar...