Kamis 22 Apr 2010 00:51 WIB

Memberi Les Matematika

Sekalipun berstatus sebagai guru honorer, saya bersyukur dengan pekerjaan yang telah saya tekuni sejak dua tahun terakhir ini. Sebagai pendidik saya merasa bangga, karena telah memberi kontribusi dalam mencerdaskan anak bangsa. Namun jika ditanya berapa pendapatan saya per bulan, saya seringkali malu menyebutkan.

Namun demikian, pendapatan kecil sebagai guru honorer bukanlah hambatan bagi saya dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Saya menilai ada banyak pekerjaan lain yang bisa saya lakukan dan menambah pendapatan.

Sebagai guru matematika di sebuah SMA swasta, saya memanfaatkan waktu luang untuk memberikan les privat kepada siswa yang membutuhkan. Les dilakukan siang atau sore hari setelah saya selesai melaksanakan tugas pokok saya.

Ada empat anak yang ikut les, dua siswa SMA dan dua siswa SMP. Saya gembira karena murid yang meminta bantuan saya bukan siswa saya. Les berlangsung dua kali seminggu, masing-masing 1,5 jam.

Dengan demikian, dalam seminggu saya menyisihkan waktu empat hari, masing-masing sekitar tiga jam. Saya menilai ini waktu maksimal yang saya sediakan untuk mencari tambahan penghasilan. Honor yang saya dapatkan dari memberikan les cukup lumayan untuk menambah penghasilan.

Septiabudi, Guru SMA Swasta, Padang

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement