Senin 14 Jan 2019 09:18 WIB

Pengisian PDSS Masih Minim

Tercatat, baru 204 sekolah yang sudah finalisasi data

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Esthi Maharani
Siswa belajar di perpustakaan (ilustrasi).
Foto: Republika/Agung Supri
Siswa belajar di perpustakaan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menginjak hari kesepuluh pengisian Pangkal Data Siswa dan Sekolah (PDSS) masih terbilang mini. Tercatat, baru 204 sekolah yang sudah finalisasi data dan sebanyak 16.830 sekolah belum mengisi data.

Ketua Harian Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo mengimbau agar sekolah segera mengisi data ke PDSS. Setelah itu, siswa juga diimbau untuk segera memverifikasinya.

“Himbauan bagi sekolah yang belum mendaftar, agar memerhatikan jadwal pengisian PDSS agar tidak terlambat,” kata Budi saat dihubungi Republika, Ahad (13/1)

Budi menyampaikan bahwa sekolah tidak perlu melakukan pemeringkatan. Tinggal menunggu hasil pemeringkatan oleh sistem LTMPT. Pengisian PDSS sendiri yaitu memuat nilai prestasi akademik siswa dan catatan prestasi lainnya serta rekam jejak kinerja sekolah.

“Kalau ada kesulitan dalam pengisisan PDSS, dimohon menuliskan keluhan atau pertanyaan ke menu yang sudah tersedia,” jelas dia.

Sedangkan Ketua LTMPT Ravik Karsidi menyampaikan bahwa jadwal pengisian dan verifikasi Pangkal Data Siswa dan Sekolah (PDSS) dimulai pada tanggal 4 hingga 25 Januari 2019. Sedangkan untuk pendaftaran SNMPTN akan dibuka pada tanggal 4 hingga 14 Februari 2019. Dan panitia bakal mengumumkan hasil SNMPTN pada 23 Maret 2019.

“Jadi kepada siswa dan sekolah atau masyarakat diharapkan memperhatikan secara cermat kerangka waktu pendaftaran dan pelaksanaan seleksi,” kata Ravik kepada Republika, Jumat (4/1).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement