Rabu 19 Dec 2018 10:13 WIB

Unhas Sepakati Kolaborasi dengan BNI Syariah dan Pelindo IV

Unhas tengah mengembangkan standar kualifikasi internasional yang butuh dukungan.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Friska Yolanda
Universitas Hasanuddin (Unhas) menandatangani kerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia Syariah dan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo), Selasa (18/12).
Foto: Unhas
Universitas Hasanuddin (Unhas) menandatangani kerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia Syariah dan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo), Selasa (18/12).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Universitas Hasanuddin (Unhas) menandatangani kerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia Syariah dan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo), Selasa (18/12). Kerja sama dengan BNI Syariah terkait dengan Produk dan Jasa Perbankan Syariah. Sementara dengan Pelindo IV terkait Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Peresmian dengan kesepakatan dalam Memorandum of Understanding (MoU) digelar di ruang Rapat A lantai 4 gedung Rektorat Unhas. Hadir di lokasi kesepakatan, Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, yang didampingi Wakil Rektor IV bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan, Prof Muhammad Nasrum Massi, dan Wakil Rektor II bidang Perencanaan, Keuangan, dan Infrastuktur, Prof Sumbangan Baja, Direktur Utama PT BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo berserta jajaran, dan Direktur Pelindo IV, Farid Padang bersama jajarannya.

Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu mengatakan tujuan kolaborasi adalah untuk mengembangkan pengelolaan lembaga dalam aspek pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Selama ini Unhas sudah bekerja sama BNI dan menjadi lebih lengkap dengan adanya BNI Syariah. 

"Saya lihat ini merupakan kebutuhan dari civitas akademika untuk pemanfaatan layanan dari BNI Syariah. Selain itu, kita juga ingin alumni-alumni bisa terserap menjadi SDM, baik di BNI Syariah atau Pelindo," katanya dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id.

Prof Dwia mengungkapkan, belakangan ini Unhas berupaya mengembangkan standar kualifikasi internasional. Namun pencapaian kualifikasi itu perlu mendapatkan dukungan dan masukan dari sejumlah mitra, khususnya dalam perbaikan kurikulum dan metode penilaian kepada mahasiswa. 

Kerja sama dengan sejumlah mitra, termasuk dengan BNI Syariah dan Pelindo IV dianggap penting untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam bekerja melalui program pemagangan. Lebih dari itu ada juga hal-hal lain yang bisa kita kerjasamakan, misalnya, sumber daya universitas bisa membantu dalam kajian dan hal lain yang bisa disertakan. 

"Dan, saya percaya teman-teman yang hadir di sini sudah punya rencana masing-masing, tinggal teknisnya ditindaklanjuti," kata dia.

Pimpinan BNI Syariah dan Pelindo IV yang hadir di Unhas menyatakan kesiapannya bekerja sama dengan Unhas. Kedua BUMN tersebut ingin memanfaatkan potensi dan aset yang dimiliki Unhas.

Bagi BNI Syariah, civitas akademika Unhas diharapkan bisa menggunakan produk dan layanan syariah. Sementara itu, PT Pelindo IV berharap, Unhas bisa berpartisipasi dalam rencana pengembangan dan pembangunan pelabuhan di kawasan timur Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement