Kamis 04 Oct 2018 17:19 WIB

Lampu Solar Buatan Siswa SMK Terangi Tenda Pengungsi Palu

Buana Smart Light menjuarai kontes Astra Honda Best Student 2018.

Rep: nora azizah/ Red: Dwi Murdaningsih
Yayasan Wahana Artha menyerahkan bantuan untuk korban gempa Palu melalui Republika.
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Yayasan Wahana Artha menyerahkan bantuan untuk korban gempa Palu melalui Republika.

REPUBLIKA.CO.ID, PALU.-- Meringankan derita korban bencana alam Palu, Rabu (03/10) Yayasan Wahana Artha (YWA) sambangi redaksi Harian Republika untuk menyalurkan bantuan korban gempa dan tsunami Palu Donggala. Bantuan senilai 250 juta tersebut disalurkan langsung melaui dompet peduli Republika oleh Ketua Umum Yayasan Wahana Artha Ronnal Prawira diterima oleh Direktur Utama Republika, Agoosh Yoosran dan didampingi Ingrid Firmansyah selaku perwakilan anak usaha dari Wahana Artha Group (WAG).

“Sebelumnya kami juga salurkan donasi kepada korban bencana Gempa lombok, kesedihan kembali melanda saudara kita di Palu dan Yayasan Wahana Artha merasa perlu untuk berikan bantuan kemanusiaan ini,” kata Ronnal di dalam sebuah rilis, Kamis (4/10).

Selain menyalurkan bantuan melalui media Republika, Yayasan Wahana Artha juga akan berikan donasi dengan nilai yang sama melalui perwakilan Main Dealer Sepeda Motor Honda wilayah Palu, Sulawesi Tengah. Bantuan-bantuan yang diberikan diharapkan dapat membantu meringankan korban bencana alam melewati masa kritis pascabencana gempa dan tsunami.

YWA juga memberikan kewenangan penuh kepada kedua penyalur bantuan untuk digunakan untuk bagi masyarakat Palu dan Donggala yang tinggal di tempat pengungsian sementara. Sama seperti bantuan di Lombok lalu, kali ini bantuan lampu darurat sollar sell Buana Smart Light untuk digunakan sebagai penerangan di malam hari dan dapat dimanfaatkan untuk sumber pengisian alat komunikasi telepon genggam.

Pemberian lampu yang menjadi juara dalam kontes Astra Honda Best Student 2018 dapat bermanfaat untuk berikan penerangan serta sumber pengisian telepon seluler. Sekilas tentang Jaya Buana Smart Light adalah salah satu hasil karya siswa SMK Binaan Wahana Honda yang terletak di wilayah Tangerang. Lampu tercipta setelah adanya kompetisi regional yang digelar Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) dan Yayasan Wahana Artha  ‘menantang’ 53 SMK Binaan untuk menghasilkan karya dengan mengolah limbah yang ada di bengkel sekolah mereka dan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) di wilayah Jakarta Tangerang.

"Tidak disangka ide mengolah limbah dan sentuhan teknologi sollar sel SMK Jaya Buana berhasil menjadi pemenang dalam kontes," kata Ronnal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement