Selasa 02 Oct 2018 22:27 WIB

Mudahnya Belajar Bahasa Inggris dengan English for Indonesia

Masyarakat bisa mengakses pembelajaran bahasa Inggris di mana pun mereka berada.

Rep: Lintar Satria/ Red: Ani Nursalikah
Duta Besar Inggris Moazzam Malik dan Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri dalam peluncuran English for Indonesia, Selasa (2/10).
Foto: Republika/Lintar Satria
Duta Besar Inggris Moazzam Malik dan Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri dalam peluncuran English for Indonesia, Selasa (2/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur British Council Indonesia Paul Smith mengatakan sangat mudah belajar bahasa Inggris melalui program English for Indonesia. Melalui program ini semua orang bisa belajar bahasa Inggris di mana pun dan kapan pun.

"Semua orang dengan populasi 250 juta orang bisa nyalakan komputer mereka buka situs Learn English, langsung bisa belajar meningkatkan bahasa Inggris, sesederhana itu. Semua orang di Indonesia bisa belajar melalui radio, melalui program British Council di RRI," kata Smith, dalam peluncuran English for Indonesia di Kedutaan Besar Inggris, Selasa (2/10).

Tidak hanya radio, kata Smith, semua orang Indonesia yang memiliki televisi juga bisa belajar bahasa Inggris melalui program British Council. Masyarakat Indonesia bisa belajar bahasa Inggris melalui program Learn English yang disiarkan oleh televisi pemerintah TVRI.

"Dengan kata lain ini sepenuhnya ambisi untuk memberikan kesempatan bagi setiap orang Indonesia meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka untuk bisa memiliki pekerjaan yang lebih baik, untuk bisa lebih dimengerti melalui bahasa Inggris," kata Smith.

Smith melanjutkan belajar bahasa Jepang bisa berdagang dengan orang Jepang, belajar bahasa Prancis bisa berdagang dengan orang Prancis, belajar bahasa mandarin bisa berdagang dengan orang Cina tapi belajar bahasa Inggris bisa berdagang dengan seluruh dunia. Bahasa Inggris tidak terbatas pada geografis, tapi bahasa Inggris kemampuan yang harus dimiliki pada abad ke-21.

"Semua orang harus bisa belajar bahasa Inggris, lebih banyak orang di Cina yang belajar bahasa Inggris dibandingkan seluruh populasi orang Indonesia. Semua orang belajar bahasa Inggris untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik," kata Smith.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh British Council, ada sekitar 340 juta masyarakat Cina belajar bahasa Inggris saat ini. Sekitar 88 juta diantaranya belajar melalui program yang diberikan oleh British Council.

Smith mengatakan British Council hanya ingin sebanyak mungkin masyarakat Indonesia memanfaatkan program yang bebas biaya ini. Masyarakat bisa mengakses pembelajaran bahasa Inggris di mana pun mereka berada.

"Di rumah mereka, di kantor mereka, sedang menunggu bus, mereka bisa melakukannya saat terjebak macet, hanya tinggal buka situs web dan mulai menggunakannya," ujar Smith.

English for Indonesia adalah sebuah program melalui situs internet. Program ini menyediakan pembelajaran berdasarkan umur dan tingkat kemampuan. Ada empat program berbeda yang ditawarkan oleh English for Indonesia, yakni Learn English Kids untuk anak-anak, Learn English Teens untuk remaja, Learn English untuk orang dewasa dan Teaching English untuk para guru.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement