Rabu 12 Sep 2018 04:32 WIB

Sambut Tahun Baru Islam, Bina Ilmu Gelar Jalan Sehat Muharam

Ini merupakan Jalan Sehat Muharam (JSM) yang kesepuluh.

Suasana pembukaan Jalan Sehat Muharam (JSM) yang diadakan oleh Sekolah Bina Ilmu, Parung, Bogor, Jawa Barat.
Foto: Dok Bina Ilmu
Suasana pembukaan Jalan Sehat Muharam (JSM) yang diadakan oleh Sekolah Bina Ilmu, Parung, Bogor, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Menyemarakkan Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah, Yayasan Pembinaan Umat (YPU) Bina Ilmu menggelar Jalan Sehat Muharam (JSM). Perhelatan untuk kali kesepuluh yang digelar yayasan yang menaungi TK dan SD Terpadu Bina Ilmu ini mengangkat tajuk “21 Tahun Berkhidmat Membina Umat”.

Kegiatan tersebut ini diadakan Selasa, (11/9) bertepatan 1 Muharam 1440 H. Acara gerak jalan dimulai tepat pukul 07.00 WIB, dibuka oleh Ketua PGRI Cabang Kecamatan Parung, Rahwandi MPd.

Ia  didampingi Ketua YPU Bina Ilmu, Nurcholis dan Kepala SD Terpadu Bina Ilmu, Suprianto. “Hampir seribu peserta yang terdiri dari usia taman kanak-kanak hingga lanjut usia mengikuti dengan antusias,” kata  Ketua pelaksana JSM, Abdul Malik dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (11/9).

 

Ia menjelaskan, setelah diawali dengan pembacaan doa yang dipimpin Kepala Bidang Pendidikan YPU Bina Ilmu, H. Momon Abdur Rohman, seluruh peserta bergerak ke arah timur menuju Pasar Parung, mengambil rute sejauh 3,6 kilometer melalui akses jalan SMPN 1 Parung, SDN 04 Waru dan Jalan Raya Serius, Desa Waru, kemudian kembali menuju Jl. Raya H. Mawi dan finish sekitar jam 08.15 WIB di Perguruan Bina Ilmu yang beralamat di Jalan Haji Mawi Nomor 03 Parung, Bogor, Jawa Barat.

 

Malik menyebutkan, setelah seluruh peserta sampai di lokasi dan berteduh di bawah tenda berukuran 17x18 meter persegi panitia sudah menyiapkan serangkaian acara. Rangkaian acara tersebut diawali dengan lantunan ayat suci Alquran oleh Andini Syawalia Hadiningtyas, siswi kelas VI SDT Bina Ilmu, penampilan tari daerah, dan Ensamble Pianika yang dipersembahkan siswa dan siswi SDT Bina Ilmu.

“Tak ketinggalan grup band religi Remeki dari Kampung Jati, Parung di bawah asuhan Helmi menghibur peserta JSM sebagai selingan pengundian doorprize,” tuturnya.  

Ketua PGRI Cabang Kecamatan Parung, Rahwandi, mengaku bersyukur dengan digelarnya gerak jalan dalam rangka tahun baru Islam. Dia mengatakan kegiatan ini sebagai upaya mempererat tali silaturahim antara pengelola pendidikan dengan orang tua dan masyarakat berlangsung meriah.

 

“Acara Jalan Sehat di SD Terpadu Bina Ilmu Parung dalam rangka menyemarakkan 1 Muharam 1440 Hijriyah sangat meriah,’’ ungkapnya.

 

photo
Kegiatan Jalan Sehat Muharam (JSM)1440 H berlangsung semarak.

Kepala SDN 02 Parung itu  menambahkan, kemeriahan itu didukung dengan doorprize yang disiapkan panitia sangat banyak sehingga membuat para peserta senang.

Kegiatan itu bertambah semarak dengan kehadiran banyak stand bazar kuliner.  ‘’Semoga ke depan kegiatan serupa ini tetap dilaksanakan dan mudah-mudahan lebih meriah lagi,’’ paparnya.

Malik tak bisa menyembunyikan rasa syukurnya karena perhelatan menyambut tahun baru Islam di lembaga tempat dia mengabdi sebagai tenaga pendidik mendapat dukungan yang luar biasa dari semua pihak.

 

‘’Alhamdulillah JSM 1440 Hijriyah yang diselenggarakan Perguruan Bina Ilmu, dari tahun ketahun semakin semarak dan banyak sekali yang terlibat,’’ kata Malik.  

 

Malik kemudian merinci para donator seperti Paytren, Indofood, Bank Syariah Insan Cita, Yudhistira, Komite SDT Bina Ilmu, TK Bina Ilmu, Elbama Bina Ilmu, yang mendukung terselenggaranya acara.

 

Malik, yang baru dua bulan bergabung sebagai guru di SDT Bina Ilmu menjelaskan, JSM yang dikomandoinya adalah miniatur perjalanan hijrah yang dilakukan Rasullullah SAW kala itu.

 

‘’Harapan kami  cuma satu, semoga Perguruan Bina Ilmu dan kita semua bisa melakukan hijrah ke arah yang lebih baik dan lebih bermanfaat untuk umat. Apapun namanya, menjadi lebih baik adalah sebuah keharusan,’’ tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement