Senin 16 Jul 2018 13:38 WIB

Mendikbud Dorong Pemda Tingkatkan Pendidikan di Papua

Masih banyak sekolah di Papua yang kualitasnya masih kurang.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Muhammad Hafil
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memantau hari pertama sekolah (HPS) di beberapa sekolah di Papua pada Senin (16/7).
Foto: Humas Kemendikbud
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memantau hari pertama sekolah (HPS) di beberapa sekolah di Papua pada Senin (16/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memantau hari pertama sekolah (HPS) di beberapa sekolah di Papua. Salah satu sekolah yang dikunjungi yaitu Sekolah Dasar (SD) Negeri Kotaraja, Abepura, Papua. Menurut Muhadjir sekolah tersebut memiliki fasilitas dan kualitas yang cukup baik.

Namun, dia pun tidak memungkiri bahwa di Papua masih banyak sekolah yang kualitasnya masih kurang. Karenanya dia mendorong agar Pemda bisa terus meningkatkan kualitas pendidikan di Papua.

"Jadi saya minta kepada pemerintah Provinsi Papua bisa mengimbaskan sekolah yang bagus ini ke sekolah-sekolah lainnya di Papua yang kondisinya masih kurang," kata Muhadjir, Senin (16/7).

Dalam kunjungannya tersebut, Muhadjir juga memberikan motivasi kepada para siswa untuk terus belajar dan memberikan kemajuan untuk Papua. Dia berpesan agar sekolah dapat menyambut siswa dengan suasana yang menggembirakan dengan memberikan harapan dan semangat mempersiapkan masa depan bersama.

"Pengenalan terhadap fasilitas dan peraturan sekolah juga perlu disampaikan dengan baik dan penuh keramahan," tegas dia.

Misalnya, lanjut Muhadjir, para guru memperkenalkan diri juga dengan penuh keterbukaan. Kemudian guru pun harus bisa mendengarkan harapan dari siswa.

Selain itu dia juga mengingatkan, agar pendidik perlu memahami bahwa setiap siswa memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang sesuai minat dan bakat masing-masing. Dengan begitu maka proses belajar mengajar akan bisa berjalan optimal dan menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement