Senin 21 May 2018 16:00 WIB

Ketua BSNP Pastikan tak Tunda Lagi Pengumuman Hasil UN SMP

Hasil UN akan dirilis oleh Kemendikbud.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Muhammad Hafil
Sejumlah siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) mengikuti Ujian Nasional (UN) di SMP Negeri 107, Jakarta Selatan.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Sejumlah siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) mengikuti Ujian Nasional (UN) di SMP Negeri 107, Jakarta Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi memastikan tidak ada lagi pengunduran waktu pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) jenjang SMP/Sederajat. Selasa (22/5) besok, lanjut dia, Panitia Pusat akan menyerahkan secara langsung hasil UN SMP kepada pemerintah provinsi.

"Pengumuman hasil UN di sekolah pada tanggal 25 Mei. Pengumuman kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan pada tanggal 28 Mei tetap tidak mengalami penundaan," kata Bambang, Senin (21/5).

Kendati begitu, Bambang tidak dapat menginformasikan apakah rerata hasil UN jenjang SMP tahun 2018 cenderung meningkat atau bahkan menurun dari tahun sebelumnya. Dia mengatakan, mengenai hasil UN nanti akan dirilis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Masalah hasil UN, Kemendikbud akan mengeluarkan pernyataan resmi," terang Bambang.

Sebelumnya, BSNP menginformasikan adanya perubahan waktu penyerahan dan pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) jenjang SMP/MTs sederajat. Perubahan waktu tersebut di umumkan melalui surat resmi BSNP yang diunggah oleh akun Instragram @kemdikbud.ri.

Dalam surat itu disebutkan, penyerahan UN SMP/MTs dari Panitia Tingkat Pusat ke Panitia Tingkat Provinsi yang tadinya dijadwalkan pada tanggal 18 Mei, diundur menjadi tangga 22 Mei 2018. Sehingga pengumuman hasil UN di satuan Pendidikan dari tanggal 23 Mei 2018, akan diundur menjadi tanggal 25 Mei 2018.

"Kami mohon Saudara meneruskan informasi ini ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk disampaikan ke satuan pendidikan di wilayah masing-masing," seperti dikutip dari surat yang ditandatangani oleh Ketua BSNP Bambang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement