Selasa 10 Apr 2018 16:16 WIB

Listrik Padam, Siswa SMAN 6 Banjarmasin UNBK Hingga Malam

Pemadaman listrik terjadi dua kali dan mengganggu koneksi internet.

Ilustrasi
Foto: Mahmud Muhyidin
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Akibat aliran listrik padam di lingkungan sekolah, siswa SMAN 6 Banjarmasin harus menjalani ujian nasional berbasis komputer (UNBK) sampai malam hari pada Senin (9/4).

"Pemadaman listrik terjadi dua kali hingga waktu pelaksanaan ujian molor dan terganggu server koneksi internet," ujar Kepala SMAN 6 Banjarmasin Kaberi, Selasa (10/4).

Kaberi mengungkapkan, pertama aliran listrik padam pada pukul 09.00 Wita ketika sesi pertama ujian masih berlangsung yang terjadwal 07.30 hingga 10.30 Wita. Setelah listrik hidup pada pukul 10.30, kemudian padam kembali pada pukul 12.30 WITA hingga petugas PLN Area Banjarmasin tiba di sekolah membawa mesin genset untuk menghidupkan aliran listrik.

"Jadi listrik dari PLN baru nyala pada pukul 16.00 Wita, dan dengan pertimbangan menjaga koneksi internet tidak terganggu maka diputuskan aliran listrik tetap melalui mesin genset sampai malam hari hingga semua siswa selesai ujian," ujar Kaberi.

Molor waktu UNBK itu pun membuat kecewa para siswa yang berjumlah 199 orang. Mereka mengaku stres karena konsentrasi terganggu akibat kendala gangguan listrik tersebut hingga pesimistis dengan nilai ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia nanti.

Bahkan ada orang tua siswa peserta ujian sempat dibuat resah lantaran anaknya tak kunjung pulang ke rumah hingga malam hari. "Kami khawatir, makanya mendatangi ke sekolah," ujar Anang, salah satu orang tua siswa.

Kendala pasokan listrik yang mengganggu sekolah di Jalan Belitung Darat, Kecamatan Banjarmasin Barat itu pun sempat membuat Kabid Bina SMA Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel Muhammadun langsung mendatangi kantor PLN Area Banjarmasin. "Padam aliran listrik yang berimbas terganggu UNBK di SMAN 6 Banjarmasin langsung bisa diatasi PLN dengan memberikan bantuan mesin genset," kata Muhammadun yang juga sempat mendatangi kembali sekolah usai mendapat laporan padam listrik.

Pada pelaksanaan UNBK hari pertama itu, Muhammadun mengunjungi beberapa sekolah di Banjarmasin. Selain SMAN 6 Banjarmasin, dia juga mendatangi SMAN 11, SMAN 10, SMAN 1, SMAN 2 serta siswa SMAN 5 Banjarmasin yang melaksanakan ujian di SMKN 2 Banjarmasin.

Asisten Manager Jaringan PLN Area Banjarmasin Sugianto menjelaskan, padam listrik itu disebabkan kabel tegangan tinggi 20 ribu volt bersentuhan akibat layang-layang yang dimainkan anak-anak di kawasan depan Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

"Setelah diperbaiki, ternyata padam lagi dan menyebabkan hal yang sama namun insiden kedua mengakibatkan kerusakan lebih parah karena isolator tembus hingga perlu waktu memperbaiki kerusakannya," katanya.

UNBK SMA tahun ajaran 2017-2018 diikuti sebanyak 20.082 siswa di Kalimantan Selatan, dari 183 sekolah baik negeri maupun swasta.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement