Selasa 09 Jan 2018 06:39 WIB

Guru SD Muhammadiyah Abepura Studi Banding ke Solo

Sekolah Pendidikan Karakter Berbasis Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) SD Muhammadiyah 1
Foto: Dok. SD Muhammadiyah 1 Ketelan
Sekolah Pendidikan Karakter Berbasis Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) SD Muhammadiyah 1

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Sekolah Pendidikan Karakter Berbasis Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta, Jawa Tengah kembali mendapat kunjungan tamu studi banding. Kali ini tamu studi banding berasal dari SD Muhammadiyah Abepura, Jl. Sami No. 3 Abepura, Kecamatan Abepura, Kota Adm Jayapura, Provinsi Papua. (Senin, 8 Januari 2018).

Sebanyak 21 perwakilan mulai dari kepala sekolah, tenaga pendidik dan kependidikan dari SD Muhammadiyah Abepura saling berbagi dan menimba ilmu di SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta, yang dipimpin oleh Wiji, S.Pd selaku kepala sekolah.

 

Dalam kunjungan ini mereka ingin mendapatkan kondisi dan informasi karena sering dibicarakan dikalangan guru tetapi belum tahu kondisi yang sebenarnya terutama tentang lokasi sekolah, kurikulum, kegiatan kesiswaan dan sistem administrasi sekolah di samping acara silaturahmi untuk mempererat rasa persaudaraan, persatuan sesama guru dan kemajuan sebagai anak bangsa Indonesia. 

 

Di SD Muhammadiyah 1 Ketelan, rombongan langsung disambut hangat oleh Kepala Sekolah, Sri Sayekti, S.Pd., M.Pd beserta jajarannya dan sekretaris Majelis Dikdasmen PDM Kota Surakarta, Drs. H. Muchsin al Rasyid. Pertemuan ini berlangsung di ruang aula. Acara diawali dengan pembukaan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Jatmiko, diawali upacara pengibaran sang merah putih dengan mempersembahkan mars dokter, tari, seni tunggal tim tapak suci putera Muhammadiyah,  diakhiri penampilan apik Nabila Alya kelas 5 C, membawakan lagu Indonesia Jaya, Bendera lagu yang dipopulerkan Grup Band Cokelat, dan Bengawan solo serta sambutan kedua belah sekolah.

 

Selanjutnya, pengenalan diawali dengan pemaparan singkat tentang profil SD Muh 1 Ketelan Surakarta oleh Sri Sayekti, S.Pd., M.Pd diteruskan dengan pengenalan per bidang dari mulai waka humas , sarana prasarana Sahudi, waka al Islam Ahmad Syaifuddin, S.Pd.I Kesiswaan Imam Priyanto, S.Pd kurikulum, SW. Winarsi, S.Ag., S.Pd dan tata usaha Indriyani, S.Kom.

 

 

“Tujuan studi banding kali ini adalah perlu kiranya warga sekolah khususnya para guru dan karyawan SD Muhammadiyah Abepura diberikan pengenalan, wawasan, inovasi dan kreasi dari sekolah yang berkemajuan dengan latar belakang serta kondisi yang berbeda yang selama ini namanya sering dibicarakan dikalangan guru, juga  ingin mendapatkan informasi tentang urusan kurikulum, kesiswaan, sarana/prasarana dan humas, pendidik dan tenaga kependidikan, ketatausahaan serta laboratorium dan acara silaturahmi, serta saya mengaku kagum atas prestasi yang telah diraih” terang Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Abepura, Wiji, S.Pd.

 

Selanjutnya, Kepala sekolah Sri Sayekti, S.Pd., M.Pd menyatakan ’Momentum ini mampu menjadi media silaturahmi, dan cukup berbangga sebagai warga persyarikatan bisa berbagi untuk mendidik generasi anak bangsa di era kemajuan teknologi informasi “. Dalam kesempatan tersebut, Sri Sayekti, S.Pd., M.Pd mengajak seluruh peserta studi banding untuk mengenal lebih dekat tentang potensi sekolah. Tidak hanya di bidang akademis, tetapi juga potensi yang lain, seperti dalam bidang Badan Usaha milik sekolah, kantin sehat, dokter kecil, antar jemput hingga proses pendirian radio streaming bidang pendidikan.

 

Setelah sharing dan bertukar informasi, peserta rombongan kemudian keliling komplek sekolahan untuk melihat langsung aktivitas Kegiatan Belajar Mengajar. Humas Jatmiko

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement