Jumat , 08 Desember 2017, 03:47 WIB

Universitas di AS tak Lagi Puncaki Kampus Terbaik

Rep: Christiyaningsih/ Red: Esthi Maharani
blogspot.com
Universitas Oxford
Universitas Oxford

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk pertama kalinya dalam 14 tahun, universitas di Amerika Serikat (AS) tak lagi memuncaki daftar kampus terbaik sedunia. Berdasarkan daftar Times Higher Education World University Rankings 2018, peringkat pertama dan kedua kini diduduki oleh kampus asal Inggris.

Dikutip dari laman Business Insider hari ini (7/12), Oxford University kini dinobatkan sebagai kampus terbaik di dunia. Disusul di peringkat kedua adalah Cambridge University. Dua kampus prestisius tersebut sama-sama berlokasi di Inggris.

Times Higher Education World membuat peringkat 1.000 universitas terbaik di dunia setiap tahunnya. Pertimbangannya didasarkan atas aktivitas belajar mengajar, riset, dan bagaimana institusi bisa memberikan pengaruhnya.

Faktor kuantitaf yang menjadi dasar penilaian adalah berapa banyak hasil riset yang dipublikasikan kampus menjadi rujukan para mahasiswa di seluruh dunia. Sementara pertimbangan kualitatif dinilai dari survey kepada mahasiswa.

Dalam daftar yang dirilis, Inggris dan AS mendominasi posisi 10 besar kampus terbaik di dunia. Berikut peringkat 10 universitas terbaik dunia versi Times Higher Education World :

1. Oxford University
2. University of Cambridge
3.California Institute of Technology
4.Stanford University
5.Massachusets Institute of Technology
6.Harvard University
7.Princeton University
8.Imperial College London
9.University of Chicago
10.Swiss Federal Institute of Technology Zurich