Kamis , 07 December 2017, 17:19 WIB

Festival Apresiasi Anak Islam Diikuti 5.000 Siswa SD

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Dokumen.
Delegasi peserta Festival Apresiasi Anak Islam berfoto bersama.
Delegasi peserta Festival Apresiasi Anak Islam berfoto bersama.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Sekitar 5.000 siswa Sekolah Dasar (SD) mengikuti gelaran Festival Apresiasi Anak Islam yang berlangsung di Hall Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara UMM, Kedutaan Besar Arab Saudi, dan Rabithah Alawiyah Lita'lim wad Da'wah.

Ketua pengarah festival, Abdul Harris, menerangkan program yang diselenggarakan ini pada dasarnya untuk mengapresiasi anak-anak SD Islam yang sudah mulai melaksanakan shalat. Dari sini, dia berharap, kegiatan shalat sang anak dapat meningkat dan lebih serius lagi ke depannya.

Untuk itu, ketiga pihak tak tanggung-tanggung mendatangkan 5.000 siswa SD se-Malang Raya dan sekitarnya. "Ada yang dari luar Malang, seperti Nganjuk dan sebagainya," kata Harris, di sela festival di UMM Malang, Kamis (7/12).

Menurut Harris, rangkaian kerja sama ketiga lembaga ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan di Indonesia. Bahkan, dia menilai jumlah pesertanya menjadi yang terbesar di Asia. Seperti diketahui, kegiatan ini terinspirasi dari Turki tapi angka peserta tak sebesar yang dilaksanakan di UMM.

Di sisi lain, Harris mengungkapkan, kegiatan ini juga menjadi salah satu bukti peran dakwah Muhammadiyah di masyarakat. Untuk itu, pihaknya mengajak anak-anak untuk menunjukkan kemampuannya, baik dalam mendongeng, tartil, maupun hafiz Quran.

Rektor UMM Fauzan menyampaikan kegiatan ini diharapkan menjadi agenda rutin Kantor Hubungan Luar Negeri (KHLN) dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

“Semoga acara ini tidak berhenti di hari ini saja dan dapat berlangsung pada tahun-tahun selanjutnya, agar semua siswa memiliki memori dan kesan tersendiri terhadap kegiatan seperti ini,” kata Fauzan