Selasa , 05 December 2017, 22:08 WIB

Program PKB Tingkatkan Kompetensi Guru TK

Red: Irwan Kelana
Dok IGTK DKI
Salah satu kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) untuk para guru TK di Jakarta.
Salah satu kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) untuk para guru TK di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang sebelumnya dikenal dengan istilah Guru Pembelajar (saat Anies Baswedan masih menjadi menteri pendidikan dan kebudayaan, red)  tahun ini telah dapat dilaksanakan, khususnya Taman Kanak-kanak (TK)  di DKI Jakarta.
 
Kegiatan tersebut  dimulai dari tanggal  14 Oktober 2017 dan akan berlangsung sampai 15 Desember 2017. “Kegiatan PKB tahun ini diikuti oleh 5.800 guru TK DKI  Jakarta,” kata Pengurus Ikatan Guru Taman Kanak-kanak (IGTK) DKI Jakarta dan Instruktur Nasional TK, Eka Putri Handayani, dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (5/12).

Ia menambahkan,   PKB TK merupakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru TK. Kegiatan tersebut  difasilitasi dan didukung penuh  oleh PPPPTK TK dan PLB Bandung, dinas pendidikan  DKI Jakarta, IGTK DKI Jakarta sebagai pelaksana, serta nara sumber nasional dan instruktur nasional sebagai mentor.

Eka mengemukakan, program PKB  sangat bermanfaat bagi guru guru dalam rangka meningkatkan mutu dan kompetensi guru TK. Mulai dari pengetahuan tentang kurikulum, merancang kegiatan bermain, penanganan anak usia dini, komunikasi yang efektif, penilaian, penelitian tindakan kelas, strategi pembelajaran, serta  teknologi informasi dan komunikasi.  “Setiap guru diwajibkan mengikuti post test pada akhir kegiatan,” tutur Eka yang juga direktur Alifa Kids Center.

 Kegiatan PKB ini mendapat sambutan yang sangat baik dari guru guru TK DKI Jakarta.  “Karena sangat bermanfaat untuk guru-guru sebagai pedoman dalam menjalankan tugas sebagai seorang guru TK yang profesional dan post test atau uji kompetensi dapat dijadikan evaluasi atas pemahaman materi yang diberikan,” papar Eka yang juga peneliti Indonesia Bermutu.

Ia berharap, program PKB dapat berlanjut  pada  tahun-tahun berikutnya. “Dan mendapatkan dukungan penuh dari Gubernur DKI Jakarta,” tutur Eka Putri Handayani.