Kamis , 23 November 2017, 22:12 WIB

SMP Kreatif iHAQi Gelar Workshop Menulis Cerita

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Hazliansyah
dok. iHAQi
 SMP Kreatif iHAQi kembali mengadakan Workshop Menulis Kreatif dengan pemateri Uda Akmal N Basral, beliau adalah penulis novel terkenal sang pencerah dan naga bonar 2,
SMP Kreatif iHAQi kembali mengadakan Workshop Menulis Kreatif dengan pemateri Uda Akmal N Basral, beliau adalah penulis novel terkenal sang pencerah dan naga bonar 2,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--SMP Kreatif iHAQi mengadakan workshop menulis kreatif cerita, Sabtu (18/11). Workshop tersebut diadakan setiap bulan dan sudah berjalan yang keempat kalinya yang diisi oleh Uda Akmal N Basral.

Akmal mengatakan dirinya sengaja menularkan kemampuan menulis kepada generasi muda. Itu sebabnya ia datang ke iHAQi dan bersedia memberikan workshop.

"Antusiasnya bagus. Bahkan pesertanya tidak hanya dari iHAQi saja," ujar Akmal kepada Republika.co.id, Kamis (23/11).

Menurut Akmal, nantinya karya dari hasil workshop ini akan dibuatkan buku antologi. Ditargetkan sebelum hari raya Idul Fitri 2018 sudah terbit.

Akmal menjelaskan pertemuan pertama sudah dimulai pada Agustus lalu dengan materi pengertian tulisan kreatif. Dilanjutkan pertemuan kedua di bulan September yaitu dengan materi latihan observasi untuk menggambatkan setting lokasi.

Pada pertemuan ketiga di bulan Oktober, peserta diberikan materi teknik menciptakan tokoh. Kemudian pada November ini mereka diberikan materi bagaimana tekni merancang alur cerita.

Akmal sendiri merupakan penulis novel "Sang Pencerah" dan "Naga Bonar 2". Ia berharap dengan workshop tersebut mampu melatih kreativitas santri dalam menulis cerita.

Berita Terkait