Sabtu , 11 November 2017, 00:35 WIB

UI Miliki Halal Center

Red: Agung Sasongko
asianranking.com
Universitas Indonesia
Universitas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Universitas Indonesia (UI) menghadirkan satu wadah Unit Kerja Khusus Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat UI bernama 'UI Halal Center'.

Kepala Laboratorium UI Halal Center Prof Dr Amarila Malik MSi, Apt di Depok, Jumat (11/11), mengatakan sejumlah rencana strategis jangka panjang dan jangka pendek telah disiapkan guna memantapkan visi UI Halal Center sebagai pusat pemeriksa, edukasi dan advokasi jaminan produk halal yang berkontribusi nyata bagi masyarakat Indonesia maupun dunia.

Dalam waktu dekat ini katanya, pihaknya mempersiapkan diri untuk mendirikan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) di bawah UI Halal Center yang mana hal ini adalah sesuai dengan amanah UU No. 33 th 2014 tentang Jaminan Produk Halal.

MoU dan PKS dengan Al-Irsyad dan para pebisnis di bawah Kadin Timur Tengah tengah disiapkan terkait kerjasama industri halal dan dukungan bagi LPH UI Halal Center. Penandatanganannya akan dilakukan saat launching UI Halal Center yang rencananya akan dilaksanakan akhir November atau awal Desember tahun ini.

"Sedangkan rencana jangka panjang, kami akan berupaya mendirikan Institusi Ilmu Kehalalan dan memproduksi barang dan jasa halal," katanya.

Untuk itu diharapkan UI Halal Center ini dapat menjadi pusat pemeriksa, edukasi dan advokasi jaminan produk halal yang unggul dan terpercaya yang berkontribusi nyata bagi masyarakat Indonesia maupun dunia.

Ke depannya UI melalui UI Halal Center diharapkan dapat menjadi salah satu center of excellence Lembaga Pemeriksa Halal di Indonesia, Asia Tenggara dan dunia mengingat Indonesia merupakan negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia.

 

Sumber : Antara