Kamis , 09 November 2017, 09:14 WIB

SD Bosowa Bina Insani Juara Lomba Robotik dan Animasi

Red: Irwan Kelana
Dok SBBI
Para peserta lomba roboti dan animasi sedang unjuk kebolehan.
Para peserta lomba roboti dan animasi sedang unjuk kebolehan.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR –  SD Bosowa Bina Insani berhasil memboyong empat piala dalam lomba bertajuk Funtastic Brick Lomba Robotik dan Animasi” tingkat kota Bogor yang diadakan di Sentul, Bpgor, Jawa Barat, Ahad (5/11). Lomba tersebut diadakan oleh Robotic Gidz.

“Alhamdulillah delegasi SD Bosowa Bina Insani sukses meraih tiga piala untuk lomba animasi  dan satu piala untuk lomba robotic. Lomba tersebut diikuti oleh para siswa SD sekota Bogor,” kata Kepala SD Bosowa Bina Insani Fatchul Dzannah dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (9/11).

Ia menambahkan, pemenang lomba animasi adalah: Haidar Lathifah Abqary Setia Harga (juara kedua), Satria Aretha Yusuf (juara keempat), dan Alia Farah Az-Zahra (juara keenam). “Adapun pemenang lomba robotik adalah Raditya Rizqi Kusmayadi. “Ia meraih juara kedua lomba robotik kategori merakit aktif,” ujarnya.

Lomba robotik dan animasi itu mencakup beberapa kelompok, seperti lomba merakit cepat lego kategori SD kelas 1-2, lomba merakit kreatif lego tingkat SD kelas 3-4, lomba merakit kreatif lego tingkat SD kelas 5-6 dan SMP, serta lomba animasi tingkat SD kelas 3-6.

Dzannah mengemukakan, robotik dan animasi merupakan salah satu ekstra kurikuler (ekskul) yang ada di SD Bosowa Bina Insani. “Kami mempunyai 10 cabang ekskul pilihan dan sembilan cabang ekskul wajib. Secara keseluruhan, kegiatan ekskul itu dikoordinasikan oleh dua orang guru, yakni Sudarjat dan Sumarni,” tuturnya.

Koordinator ekskul SD Bosowa Bina Insani (BBI)  Sumarni mengatakan, setiap tahun SD Bina Insani mengikuti lomba robotik dan animasi. “Alhamdulillah, siswa kami selalu menang,” ungkapnya.

Ia menambahkan, setiap tahun SD BBI  mengirimkan wakil dari beberapa ekskul untuk mengikuti perlombaan di luar, mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi hingga nasional dan internasional.  Hal itu bertujuan untuk memberikan apresiasi maupun sebagai evaluasi hasil eksklul tersebut.

Selama ini ekskul yang diikutsertakan dalam perlombaan ekskul antara lain robotik dan animasi, karate, taekwondo dan tari.

“Kami ingin mengikutsertakan seluruh cabang ekskul yang ada di SD BBI  dalam berbagai perlombaan yang diadakan di luar sekolah. Selain sebagai bentuk apresiasi dan evaluasi untuk para siswa peserta ekskul, hal itu sebagai pemberitahuan kepada orang tua murid mengenai kegiatan ekskul yang diikuti oleh anaknya,” papar Dzannah.

Di tingkat internal sekolah, setiap tahun SD BBI menggelar acara Gelar Apresiasi Seni (GAS). Acara tersebut menampikan seluruh cabang ekskul  yang ada di SD BBI. “Acara GAS kami adakan setiap tahun satu kali pada minggu ketiga bulan April,” ujar Fatchul Dzannah.