Jumat , 20 Oktober 2017, 14:40 WIB

Pertimbangkan Hal Ini Saat Pilih Boarding School

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Esthi Maharani
Republika/Agung Supri
Pendidikan Islam sistem boarding school (ilustrasi).
Pendidikan Islam sistem boarding school (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekolah berasrama atau boarding school menawarkan lingkungan belajar 24 jam untuk siswa. Ini memberi anak kesempatan fokus belajar dan melakukan hal-hal baru lebih dari apa yang mereka bayangkan. Pilihan sekolah berasrama yang tepat bertujuan memastikan anak Anda mendapat pengalaman terbaik dan program pendidikan sesuai kebutuhan. Berikut tujuh pertimbangan ketika Anda memilih sekolah berasrama untuk anak, dilansir dari Womanitely, Jumat (20/10).

1. Ukuran asrama
Apakah Anda ingin asrama besar atau kecil? Apapun pilihan yang diambil, ada kelebihan menyertainya. Misalnya, asrama besar menawarkan kesempatan anak Anda bertemu lebih banyak orang, sementara asrama kecil membuat guru bisa lebih memperhatikan kebutuhan setiap siswa. Pertimbangkan tujuan Anda saat membuat pilihan berkenaan dengan ukuran asrama.

2. Asrama campur atau terpisah
Di negara-negara maju orang tua mungkin lebih memilih asrama campur di mana anak laki-laki dan perempuan belajar satu sama lain. Namun, di masyarakat seperti Indonesia, mayoritas orang tua akan memilih asrama terpisah antara laki-laki dan perempuan. Pilihan itu bergantung pada tujuan Anda.

3. Asrama pesantren
Beberapa sekolah menekankan pendidikan agama berkonsep pesantren di asrama. Di sini anak menerima pendidikan agama yang lebih untuk membentuk karakter mereka. Anda juga mungkin ingin memeriksa apakah ajaran agama di sekolahnya sesuai dengan keyakinan Anda atau tidak.

4. Minat khusus
Anak Anda mungkin ahli di bidang olah raga atau seni tertentu. Beberapa sekolah menyediakan asrama berdasarkan minat dan kemampuan khusus si anak. Ini membantu mereka mengembangkan potensi diri. Selain itu, asrama yang disusun berdasarkan minat menawarkan anak kesempatan berinteraksi dengan teman-teman sehobi.

5. Kebutuhan khusus
Anak Anda mungkin anak berkebutuhan khusus. Tentu saja Anda memilih asrama dan sekolah dengan kurikulum dan fasilitas berbeda sesuai kemampuan buah hati. Sekolah dengan kurikulum khusus membantu anak-anak berkebutuhan khusus tetap bisa menjalankan kehidupan normal dan menyadari potensi mereka meski cacat secara fisik atau mental.

6. Asrama militer
Ada juga asrama yang menerapkan prinsip-prinsip militer dalam kesehariannya. Ini biasanya untuk sekolah militer atau calon taruna. Tujuannya menanaman nilai disiplin, kerja tim, dan terstruktur. Jika menurut Anda anak Anda bisa lebih baik di lingkungan pendidikan yang terstruktur seperti sekolah militer ini, maka ini menjadi pilihan terbaik.

7. Ajukan pertanyaan pada diri sendiri
Sebelum Anda membuat keputusan akhir, tanyakan pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut. Apa sekolah tersebut sudah diakreditasi oleh instansi pemerintah atau lembaga berwenang? Apa akomodasi yang ditawarkan di asrama, misalnya kamar pribadi atau sekamar bersama beberapa anak? Jika anak sakit, bagaimana perawatannya? Apa saja fasilitas rekreatif yang tersedia di asrama? Apakah ada kegiatan luar sekolah yang ditawarkan asrama? Jika ya, apa saja aktivitasnya?

Dengan pertimbangan ini, Anda mungkin lebih mudah memilih asrama dan sekolah yang sesuai kebutuhan anak. Tak pelu ragu mengunjungi beberapa sekolah sebelum mengambil keputusan, sebab ini untuk masa depan anak. Setiap orang tua hanya menginginkan yang terbaik untuk anaknya.