Ahad , 12 Februari 2017, 22:07 WIB
IBL Pertalite

Atasi Hangtuah, Satria Muda Pertamina Belum Terkalahkan di IBL Pertalite

Rep: Febrian Fachri/ Red: Israr Itah
dok IBL
Point guard Satria Muda Pertamina Tyreek Jewell (tengah) membawa bola saat menghadapi Hangtuah Sumsel.
Point guard Satria Muda Pertamina Tyreek Jewell (tengah) membawa bola saat menghadapi Hangtuah Sumsel.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Satria Muda Pertamina berhasil menutup kiprah pada Seri III IBL Pertalite 2017 dengan kemenangan. Tim asuhan Youbel Sondakh menaklukkan Hangtuah Sumsel 83-76 di GOR Sahabat, Ahad (12/2) malam. 

Kemenangan ini menjadi yang kedua bagi SM di IBL Pertalite 2017 seri ketiga. Sehari sebelumnya, Arki Dikania Wisnu dkk mengatasi Bima Perkasa Jogja dengan skor 93-51. Hasil ini membuat SM Pertamina menjadi satu-satunya tim yang belum pernah merasakan kekalahan musim ini.

Satria Muda langsung tancap gas sejak pertandingan. Juara turnamen Perbasi Cup ini unggul 16-8 saat kuarter pertama berakhir. 

Pada kuarter kedua, Satria Muda melepaskan empat tembakan tiga angka untuk menjauhkan dari Hangtuah. Skor halftime ditutup dengan 40-24 untuk Satria Muda. 

Kuarter ketiga saat memasukkan banyak pemain untuk transisi, SM sedikit kendur. Mereka hanya memasukkan poin 18 di kuarter ini. sedangkan Kelly Purwanto dan kawan-kawan mencetak 21 poin. Namun di kuarter ini, SM tetap berhasil memimpin dengan skor 58-45.

Kuarter empat, Hangtuah terus memberikan perlawanan untuk menipiskan ketertinggalan. Dua menit jelang laga berakhir, Hangtuah dapat memperkecil jarak menjadi 10 angka saja.

Beruntung Satria Muda bermain tenang dalam mengatur tempo. Meski beberapa kali kecolongan, Hangtuah hanya bisa menipiskan selisih poin tanpa mampu menyamakan apalagi membalikkan keadaan.

Dua pemain asing Satria Muda menjadi penyumbang poin terbanyak. Carlos Smith mengemas 20 angka, disusul Tyreek Jewell dengan 19 angka. Point guard Hardianus mengemas 10 poin.

Dari Hangtuah, Janjuan Smith dan Andre Smith sama-sama mengemas 21 angka. Andrie Ekayana mencetak 14 angka.