Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Hidayat: Generasi Milenial Harus Kenal Indonesia dengan Baik

Jumat 20 Oct 2017 06:16 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Andi Nur Aminah

Hidayat Nurwahid

Hidayat Nurwahid

Foto: Republika/Yogi Ardhi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid mengungkapkan pentingnya generasi milenial mengenal Indonesia secara utuh. Dengan demikian generasi muda bisa bangga dan mencintai bangsa dan ciri khas keindonesiaannya."Ini penting agar mereka bisa mengenal Indonesia secara lebih dekat. Karena tidak mungkin ada rasa cinta dan bangga, kalau mereka tidak mengenalnya," ungkap Hidayat saat dialog MPR Rumah Kebangsaan di ruang Presentasi Perpustakaan MPR RI, Kamis (19/10).

Seperti halnya mencintai media sosial, Hidayat mengatakan, generasi Millenia hanya akan mencintai Indonesia setelah mereka mengenal Indonesia secara baik. Karena tanpa mengenal Indonesia, mereka tak akan pernah mencintai dan bangga terhadap Tanah Airnya sendiri. "Tak kenal maka tak sayang. Itulah yang saat sekarang dirasakan generasi muda. Coba kalau mereka bisa mengenal dengan baik, seperti mereka mengenal media sosial dan sejenisnya, niscaya mereka pun akan mencintai dan berani berkorban demi Indonesia", kata Hidayat menambahkan.

Untuk itulah, Hidayat mengatakan, MPR tak pernah lelah untuk mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI. Termasuk menggunakan metode-metode yang bisa menjangkau generasi muda. "Bukan semata metode doktrinasi, atau ceramah-ceramah saya, yang terkadang terasa membosankan," imbuhnya.

Pernyataan serupa disampaikan Martri Agoeng. Menurutnya dibutuhkan cara-cara yang lebih lunak agar sosialisasi bisa diterima dan sampai dikalangan Generasi muda. Karena keberadaan generasi muda memang harus disikapi dengan baik, dengan cara-cara yang disukai mereka.

Pemahaman tentang negara dan Pancasila, menurut Martri bisa menjadi sumber tindakan radikalisme kalau cara pemahamannya tidak benar. "Karena itu generasi muda harus memahani dan mengerti tentang Indonesia, dari sumber yang benar pula," tambah Martri.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler