Rabu , 13 January 2016, 15:00 WIB

Messi Pimpin Skuat Terbaik Dunia

Red:

ZURICH -- Lionel Messi kembali menahbiskan dirinya sebagai pemain terbaik di muka bumi usai menyabet gelar Ballon d'Or pada Selasa (12/1) dini hari di Zurich. Ini adalah kali kelima pemain berjuluk La Pulga ini menyabet gelar pemain terbaik dunia.

Messi mengalahkan rival bebuyutannya, Cristiano Ronaldo, dan rekannya di lini depan Barcelona, Neymar. Ketiga pemain itu pun melengkapi daftar skuat terbaik dunia 2015 versi asosiasi pemain, FIFPro.

Messi tampak begitu emosional ketika menerima penghargaan Ballon d'Or 2015. Pemain asal Kota Rosario itu sangat bahagia setelah dua tahun absen untuk meraih gelar prestisius tersebut.

"Ini adalah saat yang istimewa bagi saya. Dua tahun (2013-2014), saya hanya menonton melihat Cristiano Ronaldo yang jadi pemenang," kata Messi, dikutip dari Marca, Selasa (12/1).

Pemain asal Argentina itu juga bahagia menjadi pemain yang paling banyak meraih Ballon d'Or. Sebelumnya, ia sudah memenangi gelar tersebut pada 2009, 2010, 2011, dan 2012.

Messi merasa pencapaiannya ini sudah melebihi apa yang ia impikan sejak masih kecil. Karena itulah ia berterima kasih kepada Barcelona yang telah membuatnya menjadi pesepak bola hebat seperti sekarang.

Untuk 2015 ini, kata Messi, ia bisa memenangi Ballon d'Or berkat kerja keras dari semua pemain Los Azulgrana. Kerja keras seluruh timlah, kata dia, yang membuat El Barca bisa memenangi La Liga, Copa del Rey, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub pada 2015. "Saya berterima kasih kepada semua rekan-rekan di Barcelona," ujar Messi.

Pada kesempatan yang sama, Ronaldo mengakui Messi pantas memenangi Ballon d'Or 2015. Ronaldo juga tidak heran dengan masuknya Neymar ke dalam jajaran tiga kandidat peraih gelar individu yang paling bergengsi itu.

"Saya tak kaget melihat Messi memenangi Ballon d'Or. Messi dan Neymar memenangi banyak gelar di 2015," kata Ronaldo.

Sekarang Ronaldo juga cukup puas karena hanya menjadi runner-up dalam hasil voting yang dilakukan oleh jurnalis, kapten tim, dan pelatih dalam memilih pemenang Ballon d'Or. Masih masuk jajaran tiga besar dianggap Ronaldo sebagai apresiasi atas kinerja baiknya untuk Madrid dan Portugal selama 2015.

Pemain berusia 30 tahun itu bertekad untuk terus bekerja keras. Ia berhasrat di tahun berikutnya bisa menambah gelar Ballon d'Or yang sudah tiga kali ia menangi. Ronaldo sebelumnya sudah memenangi Ballon d'Or pada 2008, 2013 dan 2014.

Selain Messi, Ronaldo, dan Neymar yang menjadi tiga pemain terbaik, juga terdapat nama lain yang ditetapkan masuk sebagai skuat terbaik dunia tahun 2015.

Dari 11 pengisi daftar skuat terbaik dunia, ada sejumlah nama yang cukup mengejutkan. Salah satunya adalah posisi bek kiri yang diisi bek Brasil dan Real Madrid, Marcelo. Padahal, selama 2015, tak ada prestasi berarti yang ditorehkan bek berambut keriting ini.

Selain Marcelo, lini belakang skuat terbaik dunia dihuni Sergio Ramos (Real Madrid), Thiago Silva (PSG), serta Philipp Lahm (Bayern Muenchen). Sedangkan di posisi penjaga gawang, nama Manuel Neuer tak tergoyahkan sebagai yang terbaik di dunia pada 2015.

Lagi-lagi, kontroversi mengiringi dipilihnya Neuer. Sebab, tak ada nama penjaga gawang legendaris timnas Italia, Gianluigi Buffon, di daftar nominasi. Padahal, musim lalu, Buffon sukses mengantarkan Juventus ke final Liga Champions, plus dua gelar domestik.

Sedangkan di lini tengah, sosok Andres Iniesta seakan menjadi penghuni tetap skuat terbaik di muka bumi. Iniesta ditemani oleh dua muka baru, yakni gelandang muda Juventus, Paul Pogba, dan Luka Modric (Real Madrid).

Skuat terbaik di muka bumi ini dilengkapi dengan sosok pelatih Barcelona Luis Enrique yang didaulat menjadi juru taktik terbaik.

Skuat Terbaik Dunia
Pelatih: Luis Enrique
Penjaga Gawang: Neuer
Bek kiri: Marcelo
Bek kanan: Lahm
Bek tengah: Silva, Ramos
Gelandang: Iniesta, Modric, Pogba
Depan: Neymar, Ronaldo, Messi

Berita Terkait