Jumat , 23 July 2010, 18:21 WIB

Perguruan Tinggi Palestina Menembus Peringkat Dunia

Red: Krisman Purwoko
Wisuda di An Najah University
Wisuda di An Najah University

REPUBLIKA.CO.ID,NABLUS--Hidup di bawah penjajahan Israel, blokade, pengusiran tidak membuat Palestina terbelakang di bidang pendidikan. Justru pendidikan tingkat perguruan tinggi (PT) Palestina tercatat paling maju dan mengalami peningkatan.

Sebuah situs Spanyol yang berkonpeten dalam bidang klasifikai dan penilaian perguruan tinggi-perguruan tinggi dunia menyebutkan bahwa Universita Nasional An-Najah dan Universitas Berzeit menunjukkan capaian dan kemajuan di tingkat dunia Arab dan dunia internasional.

Universitas Nasional An-Najah sendiri berada di rating kelima di tingkat dunia Arab setelah enam tahun lalu di rating ke 10. Sementara Universitas Berzeit rating ke 13 setelah sebelumnya di tingkat ke 22 pada klasifikasi sebelumnya.

Universitas An-Najah juga menunjukkan tajinya di level internasional setelah melompati 500 poin sehingga sehingga mendapatkan poin 1160. Sementara Universita Berzeit melompati ke poin 1994 setelah.

Meski kebijakan dan sikap Israel yang represif terhadap warga dan instansi Palestina di Tepi Barat, namun ini tidak menghalangi PT-PT di Palestina untuk maju ke peringkat awal. Di atas Universitas An-Najah hanya ada empat PT-PT di Arab Saudi; yaitu Universitas Malik Saud pertama, Univeritas Al-Malik Fahd kedua, Univeritas Malik Abdul Aziz ketiga dan Universitas Ummul Qura keempat.

Sumber : info palestina