Kamis , 08 Desember 2011, 06:34 WIB

Untuk Pendidikan Berkarakter, Sumbar Anggarkan Rp 1 M

Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah mengalokasikan dana sebesar Rp 1 miliar untuk membiayai persiapan dan sosialisasi program pendidikan berkarakter.

"Sudah enam kegiatan dilakukan terkait persiapan dan sosialisasi pendidikan berkarakter dengan dana pelaksanaan Rp 1 miliar selama 2011," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Padang, Kamis (8/12).

Dalam jawabannya atas pandangan umum fraksi di DPRD terhadap Rancangan Peraturan Daerah Perubahan APBD 2011, gubernur mengatakan kegiatan yang telah dilakukan antara lain lokakarya pendidikan berkarakter dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan biaya Rp 228,7 juta.

Selanjutnya, kajian pemantapan persiapan pendidikan berkarakter dengan dana Rp 53,25 juta, persiapan pelaksanaan pendidikan berkarakter di sekolah-sekolah dengan biaya pelaksanaan Rp 610,84 juta.

Selain itu, kata gubernur, evaluasi dari pelaksanaan pesantren Ramadhan 2011 dengan anggaran Rp 53,25 juta, evaluasi pelaksanaan pendidikan agama dan muatan lokal Rp53,93 juta, dan seminar dengan melibatkan sekolah sasaran tahun 2012 sebagai persiapan pelaksanaan program pendidikan berkarakter.

Gubernur mengatakan, persiapan pendidikan berkarakter telah dimulai sejak 2008 melalui mata pelajaran muatan lokal pendidikan Al Quran dan program peningkatan kualitas pendidikan bernuansa surau (PKPBS) pada 2009.

"Kedua program tersebut terlaksana sampai 2011 untuk mempersiapan sekolah dan guru-guru menguasai proses pendidikan berkarakter," katanya.

Sumber : Antara