Senin , 04 May 2015, 06:39 WIB

Sumbar Masih Kekurangan Ribuan Tenaga Pendidik

Red: Hazliansyah
Guru SD sedang mengajar. Peminat Pendidikan Guru Sekolah Dasar (SD) saat ini masih tinggi/ilustrasi.
Guru SD sedang mengajar. Peminat Pendidikan Guru Sekolah Dasar (SD) saat ini masih tinggi/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Sumatera Barat masih kekurangan ribuan orang tenaga pendidik, terutama untuk guru tingkat sekolah dasar.

"Untuk Kota Padang saja, informasi yang kami terima, kebutuhan tenaga pendidik mencapai 1.000 orang di semua jenjang pendidikan, terutama SD," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumbar, Syamsurizal di Padang, Ahad.

Selain Kota Padang, menurutnya, kota dan kabupaten lain di Sumbar juga masih kekurangan tenaga pendidik.

Dia mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di kabupaten dan kota di Sumbar untuk mendata kekurangan guru di daerahnya masing-masing.

"Setelah didata, kepala daerah bisa menyusun pengajuan penambahan guru sesuai dengan kebutuhan daerah melalui jalur perekrutan Calon Aparatur Sipil Negara(ASN)," ujarnya.

Selain kekurangan, persoalan tidak meratanya sebaran tenaga pendidik di kabupaten dan kota juga menjadi persoalan di Sumbar. "Pemerataan ini tidak hanya untuk daerah, tetapi juga untuk jenjang pendidikan," sebutnya.

Menurutnya, untuk SMP dan SMA jumlah tenaga pendidiknya tidak terlalu kekurangan. Bahkan, di beberapa daerah, sudah berlebih.

"Tetapi, tenaga pendidik untuk Sekolah Dasar, banyak daerah yang menyatakan masih kekurangan," katanya.

Dia mengatakan, Pemprov Sumbar terus mendorong terjadinya pemerataan tenaga pendidik di setiap jenjang pendidikan pada semua daerah di Sumbar.

Sumber : Antara