Selasa 26 Sep 2017 19:36 WIB

Ruangguru Borong Tiga Penghargaan dari Kampus MIT

Rep: rahma sulistya/ Red: Dwi Murdaningsih
RuangVideo by RuangGuru.
Foto: Dok: RuangGuru
RuangVideo by RuangGuru.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Generasi muda Indonesia kembali mengharumkan nama ibu pertiwi di kancah Internasional dalam Kompetisi Global MIT-Solve. Kali ini yang unjuk gigi adalah Ruangguru. Tidak tanggung-tanggung, Ruangguru berhasil merebut tiga penghargaan sekaligus.

Gelaran yang diadakan oleh MIT (The Massachusetts Institute of Technology) di New York, Amerika Serikat, pada Ahad (19/9), dalam putaran final itu, diikuti oleh hampir 1.000 organisasi dari 103 negara. Kompetisi ini adalah untuk mencari solusi dari berbagai masalah global (seperti kesehatan, pemberdayaan wanita, pendidikan, serta tantangan kerja) dengan pemanfaatan teknologi.

"Ruangguru, perusahaan startup pendidikan asal Indonesia, terpilih masuk ke putaran final untuk kategori Youth, Skills and the Workforce of The Future. Setelah melakukan presentasi dan tanya jawab dengan dewan juri, tim Ruangguru berhasil menyabet tiga penghargaan, yaitu Solver of MIT, DFAT Prize dan Atlassian Prize," ujar Direktur Produk dan Kerjasama Ruangguru, Iman Usman dalam keterangan tertulisnya, Selasa (26/9) sore.

Dasar yang menjadi inspirasi Ruangguru adalah melihat hampir setiap lowongan pekerjaan yang dirilis oleh perusahaan di Indonesia, mengharuskan pelamar untuk setidaknya memiliki ijazah kelulusan SMA/ SMK. Kondisi ini tentu saja menyulitkan anak-anak yang putus sekolah untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.

Hingga 2015, berdasarkan data yang dimiliki oleh United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) ada sekitar 4,8 juta anak usia sekolah di Indonesia yang tidak berada di bangku sekolah. Tim Ruangguru mengajukan ide Ruangguru Digital Bootcamp, yaitu program bimbingan belajar online untuk membantu anak putus sekolah agar dapat lulus SMA dan kemudian memperoleh pekerjaan yang lebih layak.

Bimbel online ini dilakukan dalam format video pembelajaran online dan tutoring berbasis group-chat, didampingi oleh tutor-tutor terbaik dan konsultan pendidikan Ruangguru. Selain berisikan materi-materi persiapan ujian paket C, modul yang disediakan juga mencakup materi persiapan kerja.

Dengan layanan ini, anak-anak putus sekolah dapat tetap mengenyam pendidikan dan memperoleh kesempatan hidup yang lebih baik. "Program Ruangguru Digital Bootcamp sebelumnya sudah dijalankan dan memberikan manfaat pada ribuan pelajar di Indonesia, namun kami berpikir, bahwa solusi serupa sebenarnya juga dapat dinikmati bagi mereka yang ada di sektor pendidikan informal untuk membantu mereka lulus ujian paket," ujar Iman yang akhirnya mendirikan Ruangguru itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement