Jumat 08 Sep 2017 21:24 WIB

Muhadjir: Lagu Indonesia Raya 3 Stanza Tanamkan Nasionalisme

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Bayu Hermawan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy
Foto: ROL/Abdul Kodir
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Men­dikbud), Muhadjir Effendy mengatakan, karakter dan nasionalisme cinta Tanah Air bisa ditanam melalui lagu Indonesia Raya tiga stanza.

Muhadjir mengatakan, sebenarnya lagu Indonesia Raya memang tiga stanza tidak hanya satu stanza. Kemendikbud, kata dia, akan mensosialisasikan pendidikan karakter. 

"Khususnya dalam rangka menanamkan rasa nasionalisme, cinta Tanah Air, kesediaan membela negara dilakukan melalui lagu maka kita luruskan kembali lagu menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan tiga stanza. Ini karena tiga stanza merupakan satu keutuhan dari makna dari lagu Indonesia Raya," katanya di depan siswa saat apel upacara peringatan Hari Aksara Internasional 2017, di SMP 1 Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Jumat (8/9).

Kalau dinyanyikan secara utuh, kata dia, bisa lebih baik dibandingkan seandainya menyanyi sepertiga dari lagu itu.  Jadi, ia memohon seluruh sekolah melalui kepala daerah seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Kuningan bisa melaksanakan upacara bendera tiap pekan dengan menyanyi lagu Indonesia Raya tiga stanza. Selain itu, kata dia, dengan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan yang lain.

"Dengan begitu kita mencoba menguatkan kembali karakter anak didik kita, terutama dalam rangka menanamkan jiwa nasionalisme itu," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement