Selasa 25 Jul 2017 15:21 WIB

PGRI Deklarasikan Keutuhan dan Kemajuan Bangsa

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Agung Sasongko
PGRI
PGRI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PB Persatuan Guru Republik Indonesia ( PGRI) Unifah Rasyidi mengatakan, PGRI prihatin menyaksikan fenomena kebangsaan yang mulai menunjukkan gejala-gejala intoleran, konfliktual, dan ekstrem yang mengancam nilai-nilai keindonesiaan dan keutuhan bangsa. 

Menyikapi hal ini , PGRI, para pimpinan perguruan tinggi PGRI, PAUD, sekolah PGRI, asosiasi profesi dan keahlian sejenis PGRI, juga perempuan PGRI membuat deklarasi keutuhan dan kemajuan bangsa. PGRI mendeklarasikan mendeklarasikan sikap.

Pertama, setia kepada NKRI yang berlandaskan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia,  Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dan semangat Bhineka Tunggal Ika. 

Kedua, bertekad menjadikan lembaga persekolahan dan perguruan tinggi PGRI sebagai wadah inklusif yang membentuk generasi muda berkarakter kuat yang memiliki kesalehan pribadi, jiwa mandiri, rasa nasionalisme yang demokratis dan moderat, menghormati kebinekaan serta mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan akal pikiran dan keyakinan yang sehat. 

Ketiga, berkomitmen menjadikan guru sebagai figur penyemai kerukunan dan kedamaian serta menolak radikalisme, terorisme, dan kekerasan dalam menyelesaikan berbagai masalah kehidupan berbangsa dan bernegara. "Ini merupakan tekad kami PGRI. Semoga Allah memberikan kekuatan," kata Unifah dalam siaran persnya, Selasa, (25/7).

 Ia menambahkan, posisi dan peran guru saat ini semakin strategis dan penting. Guru adalah aktor yang mengemban tugas-tugas profetik (kenabian) yang tidak saja menjalankan tugas-tugas profesi tetapi juga mempersiapkan generasi muda untuk mencapai cita-cita bangsa.

 Ini dilakukan dengan menggali, menyampaikan, mengajak dan membiasakan peserta didik pada nilai-nilai kebenaran dan kebaikan melalui penguatan pendidikan karakter.n

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement