Kamis 20 Jul 2017 23:00 WIB

Anggota Komisi X Apresiasi Program Kemendikbud

Anggota Komisi X DPR RI Dadang Rusdiana
Foto: DPR RI
Anggota Komisi X DPR RI Dadang Rusdiana

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi X DPR dari Fraksi Hanura Dadang Rusdiana mengapresiasi program yang telah digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dibawah kepemimpinan Muhadjir Effendy. Salah satunya adalah pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah yang bersifat edukatif tanpa bersifat perpeloncoan atau kekerasan.

Dadang juga mengapresiasi Peraturan Mendikbud Nomor 75 tahun 2016, yang mendorong kolaborasi antara masyaakat dengan komite sekolah untuk mendorong perbaikan di tingkat satuan pendidikan. Sehingga kebersamaan antara murid, orang tua dan sekolah terlihat saat dimulainya tahun ajaran baru.

"Hari pertama masuk sekolah. Nenek dan ibunya pun ikut bersekolah. Tradisi yang baik," kata Anggota Komisi X DPR dari fraksi Hanura Dadang Rudiana dalam keterangan tertulis, Kamis (20/7).

Dengam adanya tradisi itu, lanjut dia, pihak sekolah telah memberikan akes kepada masyarakat terutama kepada masyarakat yang tak mampu. "Setiap sekolah harus memberikan akses kepada masyarakat tidak mampu, sekarang-kurangnya 20 persen," ujarnya.

Dadang mengatakan, pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa-siswi SD, SMP, SMK/SMK tahun ajaran 2017/2018 ini benar-benar disosialisasikan dengan baik oleh Kemendikbud.

Belum lagi, katanya, pendidikan karakter di Madrasah Diniyah yang sempat membuat sebagiakan masyarakat khawatir, karena beranggapan dengan program Kemendikbud soal lima hari sekolah dan delapan jam sekolah bakal membuat berat para peserta didik.

"Tak terganggu (Mendikbud sudah menjamin itu) dengan adanya lima hari belajar."

Seperti diketahui pada tahun ajaran 2017 ini Kemdikbud mengambil tema "Kita Indonesia Kita Berkarakter Sejah hari pertama sekolah". Tema ini sesuai dengan program pendidikan karakter yang menjadi perhatian khusus pemerintah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement