Kamis 20 Jul 2017 08:46 WIB

Puluhan Siswa Berprestasi Sumut Dikirim ke Sulbar

Siswa SMK (ilustrasi)
Foto: Antara
Siswa SMK (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Empat BUMN, yakni Pelindo 1, PTPN IV, PT Kawasan Industri Medan dan PT Hotel Indonesia Natour mengirimkan 32 siswa SMA/SMK berprestasi asal Sumatra Utara ke Mamuju, Sulawesi Barat melalui Program Siswa Mengenal Nusantara 2017.

"Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) ini merupakan pertukaran pelajar yang menjadi bagian dari kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN," kata Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami, di Medan, Kamis (20/7).

Kepada 32 Pelajar SMU/SMK/SLB kelas XI dari setiap provinsi itu, menurut dia, difasilitasi oleh BUMN yang ada di Indonesia, dan mereka diberikan kesempatan agar saling mengenal keanekaragaman budaya maupun kekayaan alam provinsi lain. "Program SMN ini sudah dilakukan sejak 2015 dan akan menjadi agenda tahunan BUMN seluruh Indonesia," ujar Fiona.

Ia menjelaskan, untuk 2017 ini, Pelindo mendapatkan wilayah Provinsi Sumatra Utara (Sumut) bersama PTPN IV, PT Kawasan Industri Medan (KIM) dan PT Hotel Indonesia Natour (HIN). "Puluhan siswa-siswi asal Provinsi Sumut yang diberangkatkan ke Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) dan berada di daerah tersebut selama seminggu," kata juru bicara Pelindo 1 itu.

Sementara itu, Direktur SDM & Umum Pelindo 1, M Hamied Wijaya, dalam sambutannya ketika melepas siswa/i tersebut, mengatakan, program ini bertujuan untuk menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan Nusantara. Melalui pertukaran informasi dan pengalaman secara langsung, menurut dia, para siswa diharapkan dapat lebih memahami berbagai karakteristik budaya bangsa.

Selain itu, kegiatan tersebut, membuat program tentang pengetahuan baik dari sisi kebudayaan, kewirausahaan dan pendidikan. "Para siswa siswi ini adalah calon pemimpin masa depan dan kami berharap bahwa dengan program ini, mereka dapat memandang bahwa Indonesia sangat luas, serta penuh dengan keberagaman, sekaligus semakin mencintai Indonesia," jelas M Hamied.

Dalam acara pelepasan peserta Program SMN asal Sumut ini, dihadiri oleh Direktur SDM dan Umum Pelindo 1, M Hamied Wijaya, didampingi perwakilan PTPN IV, PT HIN, PT KIM, perwakilan Kementerian BUMN. Hadir juga perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement