Kamis , 18 May 2017, 09:40 WIB

10 Ribu Buku Cerita Nusantara Dibagikan ke Tiap Provinsi

Rep: Umi Nur Fadilah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Buku cerita rakyat
Buku cerita rakyat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah akan membagikan 10 ribu buku cerita nusantara pada setiap provinsi di Indonesia. Namun, pemerintah akan memprioritaskan distribusi logistik buku pada daerah 3T (terluar, terdepan, tertinggal).

"Buku cerita sudah kita program, paling tidak ada satu titik ada 10 ribu buku cerita nusantara. Titik-titiknya itu bisa kapubaten, kecamatan, provinsi," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Rabu (17/5).

Ia menuturkan, penyebaran buku-buku itu disebabkan, rendahnya budaya baca masyarakat. Sehingga, ia mengatakan, pemerintah ingin mengkampanyekan secara besar-besaran untuk mendorong gairah baca masyarakat.

Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu berujar, salah satu langkah yang dapat dilakukan, yakni memperbanyak buku pelajaran maupun cerita untuk sekolah. Selain itu, sekolah juga harus memiliki buku praktis yang berkaitan dengan keterampilan.

Ia menargetkan adanya program afirmasi dari pemerintah terhadap buku-buku yang kurang diminati di pasar, tetapi penting untuk kepentingan bangsa, seperti, cerita rakyat, cerita nusantara. "Nanti akan ada dibagikan buku cerita anak-anak, terutama dari Kemendikbud," jelasnya.

Muhadjir beranggapan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat menjadi ikon memasarkan dan mengkampanyekan tentang pentingnya budaya literasi.