Rabu 17 May 2017 18:51 WIB

Tiap Tanggal 17 Pemerintah Kirimkan Buku Gratis ke Pelosok

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Buku di perpusatakaan.
Buku di perpusatakaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Setiap tanggal 17 tiap bulannya, warga yang tinggal di berbagai pelosok di tanah air dapat menikmati buku gratis dari pemerintah. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, pengiriman buku gratis akan dilakukan melalui kantor pos.

“Sesuai dengan janji saya pada seluruh pegiat literasi, pegiat minat baca, setiap bulan nanti ada satu hari kita bisa mengirimkan buku ke pelosok tanah air lewat kantor pos,” kata Jokowi usai memperingati hari buku nasional di halaman Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/5).

 

Khusus untuk bulan ini, pengiriman buku gratis akan dilakukan pada tanggal 20 nanti yang bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional. Namun, untuk bulan-bulan berikutnya, pengiriman buku gratis akan dilakukan setiap tanggal 17.

“Jadi bulan ini tanggal 20 karena itu hari kebangkitan nasional dan setiap bulannya tanggal 17,” katanya.  

Pengiriman buku gratis ke pelosok-pelosok tanah air dilakukan untuk memperkuat minat baca anak-anak Indonesia. Selain itu, upaya pemerintah ini dilakukan menanggapi keluhan masyarakat atas mahalnya ongkos pengiriman buku ke daerah di luar Jawa.

“Kita harapkan akan memperkuat minat baca anak-anak kita karena buku sampai ke daerah itu bisa lebih murah. Karena kita tahu ongkos kirim dari kota ke desa dari Jawa ke luar Jawa lebih mahal dari harga bukunya,” jelasnya.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyampaikan upaya ini menjadi solusi untuk mengatasi mahalnya ongkos pengiriman buku ke daerah-daerah di luar Jawa. Solusi ini diberikan setelah komunitas pegiat literasi mengeluhkan beban pengiriman antar komunitas yang sangat mahal.

“Jadi kita kan punya komunitas pegiat literasi. Mereka biasanya saling tukar buku agar koleksi bukunya tetap up to date. Selama ini beban pengiriman antarkomunitas itu mahal,” kata Muhadjir.  

Namun, saat ini baru PT Pos Indonesia saja yang dapat mengirimkan buku secara gratis ke seluruh tanah air. Muhadjir menyampaikan, untuk ekspedisi pengiriman lainnya akan diupayakan juga nantinya.  Kemendikbud juga telah menyiapkan 170 judul cerita nusantara yang akan diproduksi dan kemudian dibagikan ke pelosok-pelosok tanah air. Menurut dia, Presiden menginstruksikan untuk mengirimkan 10 ribu buku ke satu daerah pengiriman.  

“Sesuai instruksi Presiden, minimum untuk setiap satu titik ada sepuluh ribu buku yang akan diberikan,” ucap Muhadjir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement