Selasa 02 May 2017 23:31 WIB

Pesta Pendidikan di Kalijodo

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Esthi Maharani
Penggagas Pesta Pendidikan Najelaa Shihab (kiri) bersama Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (kanan) saat menghadiri acara pesta pendidikan di RPTRA Kalijodo, Jakrta Barat, Selasa (2/5).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Penggagas Pesta Pendidikan Najelaa Shihab (kiri) bersama Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (kanan) saat menghadiri acara pesta pendidikan di RPTRA Kalijodo, Jakrta Barat, Selasa (2/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ratusan anggota komunitas dan organisasi pendidikan mengikuti ajang Pesta Pendidikan 2017 di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo, Jakarta. Ibu Kota menjadi tempat terakhir dari rangkaian acara yang sebelumnya sudah digelar di Bandung, Ambon, Yogyakarta, dan Makassar pada tahun ini. Acara tersebut juga bertepatan dengan perayaan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh setiap 2 Mei.

"Ajang ini bertujuan untuk merayakan semua karya nyata yang telah dilakukan semua organisasi dan komunitas pendidikan di seluruh Indonesia," ujar Inisiator Pesta Pendidikan Najeela Shihab, Selasa (2/5).

Pesta Pendidikan adalah jaringan organisasi dan komunitas pendidikan yang memiliki komitmen untuk memperjuangkan pendidikan di Indonesia. Najeela mengaku, saat ini telah bergabung 250 komunitas dan organisasi yang menyatukan gagasan demi meningkatkan kesetaraan pendidikan.

Dalam acara tersebut dibahas beberapa isu mulai dari pendidikan literasi digital, pendidikan untuk guru, dan juga pendidikan di tingkat keluarga. "Kegiatan ini membuat banyak aksi publik yang sebelumnya dikerjakan sendiri-sendiri menjadi dikerjakan bersama-sama," ujar pendiri Sekolah Cikal itu.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf turut hadir dalam kegiatan tersebut. Ia menekankan, saat ini dibutuhkan sumber daya manusia yang mampu menyalurkan gagasan kreatif dan bisa membuatnya menjadi produk yang layak jual.

"Tentu kita semua mendukung agar murid-murid memiliki kreativitas, kemampuan teknis, dan mampu menjual kreasi itu," kata Triawan.

Selain diskusi, Pesta Pendidikan 2017 di Jakarta turut dimeriahkan oleh selebritas seperti Tulus, Raffi Ahmad, Nagita Slavina, dan Soleh Solihun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement