Sabtu 29 Apr 2017 08:05 WIB

Gagal di SNMPTN? Yuk Persiapkan SBMPTN Lebih Serius

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih
Sejumlah peserta mengikuti ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016.
Foto: Antara/Yusran Uccang
Sejumlah peserta mengikuti ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menjadi impian hampir semua siswa Sekolah Menengah Atas atau Madrasah Aliyah untuk melanjutkan pendidikan. Banyak jalur yang bisa ditempuh untuk masuk termasuk mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Daftar siswa-siswa yang diterima melalui jalur SNMPTN sudah diumumkan pada Rabu (26/4) lalu. Bagi yang sudah diterima melalui jalur ini, boleh sedikit lega. Setidaknya, satu kursi di kampus negeri sudah berada di tangan. Namun, bagi Anda yang belum diterima melalui jalur SNMPTN, jangan putus asa. Beberapa calon mahasiswa yang berguguran melalui jalur SNMPTN jangan dulu berputusa aja jika belum mendapatkan PTN. Masih ada jalur lain yang bisa dimanfaatkan.

Jalur lain yang bisa dipilih untuk masuk dalam PTN dan jurusan impian dengan memanfaatkan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Seleksi tersebut memiliki peluang yang lebih besar untuk berjuang mencapai tempat tujuan.

Mau Ukur Kemampuan Prediksi SBMPTN, Yuk Ikut Ujian Daring Ini

"Belajar dari pengalaman para senior yang bangkit dari kegagalan, mengulang ujian dan akhirnya sukses masuk PTN tahun depannya, ada beberapa tips sukses untuk menembus perguruan tinggi favorit," kata Direktur Prime Mobile Ahmad Nur Sodik Republika.co.id.

Agar sukses menembus PTN melalui jalur SBMPTN, kata Sodik, persiapan harus matang. Saat menjelang SMBPTN calon mahasiwa sudah memepersiapakan segala tujuan, termasuk ingin bergabung dengan PTN mana dan jurusan apa.

Ketika sudah memilih PTN dan jurusan yang diinginkan, persiapan dengan latihan soal sangat diperlukan. Jangan sungkan ikut bimbingan insentif hingga try out. Selain mengukur kesiapan persiapan yang sudah dilakukan, try out juga melatih diri dari sisi mental maupun pengetahuan.

Try Out perlu dilakukan bahkan sesering mungkin yang bisa dilakukan. Meskipun tantangan hari ini adalah masih sedikit yang menyediakan layanan try out SBMPTN. Sebagai alternatif, calon mahasiswa yang akan mengikuti SBMPTN bisa mengikuti try out secara online di Prime Mobile. Prime Mobile merupakan salah satu lembaga belajar daring yang menyediakan fasilitas tambahan belajar secara online. Try out akan dilaksanakan pada 1 Mei. Setelah mengikuti try out ini, kata Sodik, diharapkan calon mahasiswa bisa memperoleh gambaran SBMPTN yang sebenarnya sehingga lebih siap baik dari sisi materi yang akan diujikan ataupun mental.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement