Jumat , 28 April 2017, 19:59 WIB

Peran Swasta Dinilai Penting Tingkatkan Akses Pendidikan

Rep: Dessy Suciati Putri/ Red: Yudha Manggala P Putra
Guru SD sedang mengajar. Ilustrasi
Guru SD sedang mengajar. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah menilai pentingnya peran pihak swasta untuk memperluas akses pendidikan bagi para pelajar di seluruh daerah di Indonesia. Kasi Kurikulum Direktorat Pembinaan SMA Kemendikbud, Sutrianto mengatakan tanpa keterlibatan pihak lain, pemerintah tak bisa membangun pendidikan yang lebih baik.

"Kita tidak mungkin mampu membangun bangsa, khususnya dunia pendidikan, tanpa keterlibatan masyarakat. Oleh karena itu, perlu peran serta masyarakat dalam pengembangan pendidikan," kata Sutrianto dalam acara yang diselenggarakan Quipper di Jakarta, Jumat (28/4).

Ia mencontohkan, pentingnya pihak swasta dalam mendorong kemajuan pendidikan di Indonesia. Tanpa adanya sekolah-sekolah swasta, lanjut Sutrianto, masih banyak anak-anak yang tak bisa mengakses pendidikan.  "Perannya (pihak swasta) sangat besar dari sisi lembaga sekolah," tambahnya.

Menurut dia, pemerintah sendiri terkendala besaran anggaran yang digunakan untuk pembangunan sarana belajar mengajar. Selain pembangunan sarana belajar, peningkatan mutu pendidikan pun juga perlu didorong oleh pihak swasta dan masyarakat.