Ahad 23 Apr 2017 18:11 WIB

Mahasiswa UNM Bersihkan Gunung

hari Bumi
Foto: wordpress.com
hari Bumi

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Mahasiswa Pencinta Lingkungan Hidup Selaras (Sintalaras) Universitas Negeri Makassar (UNM) membersihkan sampah Gunung Bulusaraung sebagai rangkaian peringatan Hari Bumi.

"Momen Hari Bumi ini merupakan rangkaian aplikasi langsung kepada anggota muda Sintalaras terhadap upaya pelestarian alam," sebut Ketua Dewan Eksekutif Sintalaras UNM Ihsan, Ahad (23/4).

Menurutnya aksi bersih-bersih Gunung Bulusaraung ini adalah bagian dari bentuk kepedulian kepada bumi dan lingkungan bukan hanya dilakukan mahasiswa, tapi juga melibatkan pelajar pencinta alam.

"Sintalaras juga melibatkan pelajar yang tergabung dalam Siswa Pencinta Alam atau Sispala dari SMA Negeri 4 Kota Makassar. Mereka sangat antusias dalam kegiatan ini," ujarnya.

Sementara Dewan Pembina Sintalaras UNM Achmad Yusran mengatakan, beragam upaya dapat dilakukan untuk mendukung dan mendorong perubahan dalam pelestarian lingkungan hidup di muka bumi. Hari Bumi kali ini, kata dia, segenap Dewan Eksekutif Sintalaras (DES), anggota muda, alumni dan dewan pembina Sintalaras menggelar aksi bersih di Taman Nasional Bantimurung-Gunung Bulusaraung (TN-Babul), Kabupaten Pangkep, Sulsel. Kegiatan ini adalah bagian dari bentuk mendekatkan diri dengan alam serta menjawab panggilan yang berhubungan dengan alam.

"Kegiatan ini sangat positif karena langsung berinteraksi langsung dengan alam, mengenali dan menikmati keindahan alam. Lalu untuk kemudian tergerak untuk melindungi bumi," tutur Ketua Forum Komunitas Hijau Makassar itu.

Salah satu bentuknya, lanjut aktivis lingkugan itu, melalui aksi bersih di Gunung Bulusaraung Kabupaten Pangkep yang lokasinya berada di lokasi area taman nasional.

"Kegiatan itu juga bertepatan dengan rangkaian kaderisasi anggota muda Sintalaras yang akan menjadi pejuang lingkungan hidup dimana saja kelak mereka berada," ujar Dewan Presidium Kongres Sungai Indonesia ini.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement