Jumat , 21 April 2017, 17:48 WIB

Serunya, Outbound SDT Bina Ilmu Parung

Rep: Irwan Kelana/ Red: Agung Sasongko
Dok. Sdt Bina Ilmu
Outbond Sdt Bina Ilmu Parung
Outbond Sdt Bina Ilmu Parung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Banyak cara yang dilakukan lembaga pendidikan untuk meningkatkan motivasi belajar dan keberanian peserta didiknya. Salah satu yang dilakukan Sekolah Dasar Terpadu (SDT) Bina Ilmu, Parung, Bogor, Jawa Barat, mengajak seluruh peserta didik kelas I ke Pelita Village untuk mengikuti kegiatan Outbound, Kamis (20/4).

Sebanyak 64 siswa dan siswi didampingi delapan guru dan 68 orang tua mengikuti rangkaian kegiatan di alam terbuka dengan mengambil paket Edukasi II. Beragam kegiatan yang dilakukan di tengah asrinya nuansa kehijauan alam pedesaan yang berada persis di sisi sungai Cisadane yang berlokasi di Jl. H Miing RT 01/03 Rawa Bangsa, Putat Nutug, Ciseeng, Bogor, Jawa Barat.

Keseruan tapak terlihat begitu seluruh peserta menyusuri terowongan sejauh 75 meter menuju lokasi Outbound. Setelah warming up, peserta dibagi menjadi empat kelompok untuk mengikuti satu persatu permainan yang disajikan pengelola Pelita Village yang dipusatkan di kolam seluas 150 meter persegi. Mulai dari samurai, tank gulung, bak goyang, ular naga air, hand boat, estafet air pralon, tarik pipa, berang-berang, tower champion, aqua scape. 

Keseruan semakin dirasakan peserta tatkala satu persatu peserta melakukan flying fox dilanjutkan bonceng motor cros, dan naik jeep off road. Race bridge dan v bridge menambah keseruan. Suasana semakin lengkap saat peserta disuguhkan semangkuk bakso dan minum jamu tradisional. Jagung rebus dan teh manis semakin menghangatkan suasana.

 

Salah seorang peserta, Hafiza Nuri Maulida (7 tahun), mengatakan kegiatan Outbound yang diikutinya sangat seru dan menantang. siswi kelas I SDT Bina Ilmu, yang saat itu didampingi ibunya mengaku senang dan dirinya betah berlama-lama di lokasi Pelita Village. ''Seru banget Outboundnya, sampe nggak mau pulang,''ujar Hafiza kepada Republika.co.idkemarin. 

Hal senada diungkapkan salah satu orang tua siswa, Lia Herawati (34 tahun), Kegiatan yang diikutinya sangat menantang dan menguji adrenalin. Selain mengantar putra sulungnya, Rasya Arvin Maulana (7 tahun), orang tua juga diberi kesempatan mengikuti paket Outbond Edukasi II yang disiapkan pihak Pelita Village. 

''Pokoknya kami sangat puas dengan semua games yang diberikan panitia. Semua menguji nyali dan sangat menantang dan penuh keberanian,''kata Lia. 

 

Salah seorang Guru SDT Bina Ilmu, Yati ST mengatakan kegiatan Outbound sangat seru dan mendidik terutama //games on the water//. ''Outbound dapat melatih kekompakan, keberanian dan kemandirian,'' kata Yati ST, kemarin. Yati yang juga Bidang Kurikulum SDT Bina Ilmu, mengaku sangat kagum kepada semua peserta didiknya. ''Saat naik motor cross dan mobil offroad yang menurut kami sangat menantang dan memacu adrenalin tapi saya salut anak-anak usia kelas I tidak ada yang mengeluh dan mereka sangat gembira dan menikmati semua permainan,''ujar Yati bangga.