Kamis 23 Mar 2017 07:55 WIB

Senator Sulsel Beri Beasiswa Bimbel Gratis

Senator Sulsel, AM Iqbal Parewangi
Foto: Istimewa
Senator Sulsel, AM Iqbal Parewangi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kondisi pendididikan di Indonesia yang belum merata dengan kualitas masih perlu ditingkatkan mendorong senator asal Sulawesi Selatan (Sulsel), AM Iqbal Parewangi menggagas pemerian beasiswa. Beasiswa bertajuk "Beasiswa Senator SIP" ini akan diberikan kepada 1.221 siswa-siswi dan santri di Sulsel.

"Peningkatan sekaligus pemerataan, itu dua sisi dari poin tantangan serius pendidikan kita. Baik fasilitas, apalagi kualitas. Termasuk juga daya saing untuk masuk Perguruan Tinggi," ujar Iqbal memaparkan alasannya merintis program ini, saat berbincang dengan Republika.co.id belum lama ini. 

Anggota DPD RI ini mengatakan, tantangan peningkatan sekaligus pemerataan itu terjadi baik antar daerah di Indonesia, maupun antar sekolah dengan madrasah dan pesantren di masing-masing daerah. "Sebagai senator berlatar belakang manajemen pendidikan, termasuk mendirikan dan membina bimbingan belajar sejak 1990, saya menginisiasi pemberian "Beasiswa Senator SIP"," katanya. 

Lokus fokus program beasiswa ini jelas. Iqbal memaparkan, Beasiswa Senator SIP, memacu daya saing nasional siswa-siswi dan santri dari daerah, serta daya saing antara siswa-siswi dengan santri di daerah, khususnya untuk masuk Perguruan Tinggi favorit nasional.

Untuk 2017 ini, para penerima beasiswa masing-masing akan menerima subsidi senilai Rp 2.950.000. Pemberian itu berupa subsidi 100 persen biaya bimbingan belajar Super Intensif Program SIP2017. "Untuk tahun ini, 1.221 siswa-siswi dan santri tersebut berasal dari 24 kabupaten/kota se-Sulsel.

Harapan saya, program Beasiswa Senator SIP ini dapat menginspirasi dan diikuti oleh berbagai pihak, sehingga mulai tahun depan dapat berkembang menjadi gerakan nasional," katanya.

Lantas bagaimana mekanisme dan persyaratan untuk mengikuti program Beasiswa Senator SIP? Berikut ini langkah-langkahnya, seperti dijelaskan Iqbal.

Untuk tahap pertama, akan dilakukan verifikasi calon peserta yang akan dimulai pada 1 hingga 30 Maret. Verivikasi dilakukan dengan cara peserta mengisi formulir pendaftaran, mendapat rekomendasi tertulis dri sekolah asal. Formulir dan rekomendasi diterima oleh tim SIP2017 Gama College paling lambat 30 Maret 2017. 

Tahap kedua, pengumuman dan pendaftaran peserta SIP2017 yang akan berlangusng dari 3 hingga 7 April. Hasil Verifikasi SIP2017 diumumkan pada 3 April 2017 melalui akun Facebook: Sobat Muda AM Iqbal Parewangi. Mereka yang dinyatakan lolos, cukup membayar uang pendaftaran sebesar Rp 150 ribu.

Setelah melalui tahap ini, selanjutnya, peserta akan mengikuti bimbingan super intensif SIP2017 di GAMA College Makassar pada 14 April hingga 15 Mei 2017. "Seluruh peserta yang berjumlah 1.221 orang tidak lagi dipungut biaya bimbingan sebesar Rp 2.950.000, karena biaya tersebut sudah disubsidi 100 persen dari Beasiswa Senator SIP," jelasnya. 

Iqbal menambahkan, tahun depan, Insya Allah bimbingan Super Intensif Program SIP2018 sudah diperluas menjadi berskala nasional. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement