Selasa , 21 March 2017, 01:08 WIB

Kabupaten Pali Gagas Gerakan UN Jujur

Rep: Dwina Agustin/ Red: Agung Sasongko
Republika/ Yasin Habibi
Ujian Nasional
Ujian Nasional

REPUBLIKA.CO.ID, PALI -- Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) akan dilaksanakan dalam waktu dekta. Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Heri Amalindo mencanangkan Gerakan UN Jujur di Kabupaten Pali, Sumatra Selatan.

Program tersebut disampaikan bersama perwakilan 200 siswa dan guru Kabupaten Pali. Pencanangannya disampaikan dihadapan ribuan siswa, dan disaksikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy.

“Kami pelajar kebanggan Sumatera Selatan menyatakan siap ujian jujur,” Kata Bupati Pali yang diikuti oleh ribuan siswa yang hadir dalam pencanangan tersebut di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Kabupate Pali, Senin (20/3) melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id.

Mendikbud pun memberikan pesan agar siswa dapat konsisten melaksanakan ujian nasional dengan jujur. Di samping itu, Kepala sekolah dan guru dapat membantu dalam pelaksanaan ujian nasional.

"Jika kejujuran ditanamkan sejak dibangku sekolah, maka dapat menghasilkan generasi yang gemilang, dan menjadikan Indonesia menjadi negara yang maju dan disegani bangsa lain,” ujar Muhadjir.

Usai menyaksikan pencanangan tersebut, Mendikbud meninjau pelaksanaan simulasi ketiga Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Pelaksanaan simulasi diikuti oleh 64 siswa dari SMP Negeri 1 Talang Ubi, Kabupaten Pali, Sumatera Selatan. 

Sesuai dengan Prosedur Operasi Standar (POS), UN akan diselenggarakan pada tanggal 10 sampai dengan 13 April 2017 untuk jenjang SMA, tanggal 2 sampai dengan 8 Mei untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sedangkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan menyelenggarakan UN lebih awal pada tanggal 3 sampai dengan 6 April 2017. 

 

Berita Terkait