Ahad , 19 March 2017, 22:37 WIB

SMK Bukit Asam Wakili Sumsel di Pameran Inovasi SMK Nasional

Rep: Maspril Aries/ Red: Maman Sudiaman
http://bkksmkba.blogspot.co.id
Ilustrasi kegiatan di SMK Bukit Asam.
Ilustrasi kegiatan di SMK Bukit Asam.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bukit Asam yang berlokasi di Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan (Sumsel) akan tampil Pameran Produk Inovasi SMK Tingkat Nasional 2017.

“SMK Bukit Asam yang berada di bawah binaan Bukit Asam Foundation akan mewakili Provinsi Sumatera Selatan pada pameran inovasi siswa SMK tingkat nasional di Jakarta,” kata Muhammad Hatta Ketua Bukit Asam Foundation.

Menurut Hatta, SMK yang berada di bawah lingkup BUMN PT Bukit Asam (PTBA) Tbk, diwakili Kepala SMK Sri Indarti pada 20 – 21 Maret diundang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menghadiri  bimbingan teknis di Jakarta.

Muhammad Hatta menjelaskan, pada  pameran inovasi siswa SMK tingkat nasional tersebut SMK Bukit Asam telah mempersiapkan beberapa produk unggulan hasil karya siswa. “Salah satu inovasi yang akan dibawa SMK Bukit Asam pada pameran di Jakarta tersebut adalah produk inovasi listrik, yaitu pintu gerbang tenaga surya dan beberapa karya teknologi inovasi lainnya,” katanya.

Ketua Bukit Asam Foundation mengaku gembira dan bersyukur atas terpilihan SMK yang terletak sekitar 170 km dari Palembang tersebut. “Ini menunjukan keberhasilan siswa, walau terletak jauh dari Palembang bukan merupakan hambatan untuk berprestasi dan berinovasi,” ujar Hatta.

Bukit Asam Foundation saat ini mengelola tiga lembaga pendidikan, yaitu Sekolah Menengah Atas (SMA) Bukit Asam, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bukit Asam dan Taman Kanak-kanak (TK) Antrasita Bukit Asam.

Untuk mengembangkan pendidikan pada lembaga tersebut menurut Hatta, Bukit Asam Foundation menjalin kerjasama dengan lembaga konsultan pendidikan Arif Rachman Associate (ARA).

“Kerja sama ini bertujuan  menjadikan lembaga-lembaga pendidikan yang ada bisa sejajar, bahkan melebihi, kualitas dunia pendidikan nasional. Bukit Asam Foundation berupaya dengan segala sumberdaya yang ada untuk mewujudkan lembaga-lembaga pendidikan yang memiliki daya saing nasional dan global,” katanya.

Muhammad Hatta yang menjabat Senior Manajer Teknologi Informasi di PTBA Tbk, SMK Bukit Asam memliki visi menjadi sekolah unggulan nasional yang berkarakter mandiri dan berkewirausahaan.

“Misinya, menanamkan karakter unggul dan berakhlak mulia, menumbuhkan semangat untuk mencapai prestasi nasional, mendorong proses pembelajaran yang berbasis IT dan kewirausahaan, menghasilkan lulusan yang siap kerja dan berwirausaha,” ujarnya. 

Berita Terkait