Jumat , 17 February 2017, 09:51 WIB

Siswa SMP Bosowa Bina Insani Raih Lulusan Terbaik Ujian Cambridge

Red: Irwan Kelana
Dok SBBI
Ahmad Shauqie Albana Ridwan.
Ahmad Shauqie Albana Ridwan.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Salah seorang siswa SMP Bosowa Bina Insani kelas internasional berhasil meraih predikat lulusan terbaik  dalam ujian Cambridge kualifikasi International General Secondary Education  (IGCSE). Ia adalah Ahmad  Shauqie Albana Ridwan, siswa kelas IX.
 
“Alhamdulillh, Shauqi terpilih sebagai siswa yang berhasil mendapatkan nilai tertinggi dalam ujian Cambridge yang dilaksanakan pada November 2016, dan hasilnya diumumkan pada Januari 2017,” kata Direktur Pendidikan Sekolah Bosowa Bina Insani (SBBI)  Sudirman di Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/2/2017).

Sudirman menambahkan, Shauqi meraih High Achievement untuk bidang studi Combined Science (Ilmu Pengetahuan Alam/IPA). High Achievement adalah penghargaan  yang diberikan kepada siswa yang mendapatkan nilai tertinggi dari seluruh Indonesia. “International Certificate of Education Awards  itu akan diserahkan di Jakarta, Sabtu (18/2/2017),” ujar Sudirman.

Lebih jauh Sudirman menyebutkan, ujian Cambridge itu meliputi empat jenis penghargaan. Keempat jenis penghargaan itu adalah High Achievement, Top in Indonesia, Best  Across, dan Top in The World. “Shauqi merebut penghargaan terbaik dalam bidang studi Combined Science atau Ilmu Pengetahuan Alam (IPA),” tutur Sudirman.
 
Selain Combined Science, ujian Cambridge itu mencakup bidang studi English as Second Language (ESL) dan  Math (Mematika). “Pada ujian Cambridge 2016 ini, sebanyak 12  siswa SMP Bosowa Bina Insani kelas internasional lainnya  juga mencatatkan prestasi. Mereka berhasil nilai A dan A*  untuk bidang studi IPA dan atau  Matematika,” kata Sudirman.

Mereka adalah Abiyyu Ilham Addyaksa, Asiyah Adlina Ghassani, Clarisa Putri, Pujangga Dwisatyo Putra, Rasiyah Humaira Akbari, Hanif Muhammad, dan Denissa Nasyafini Putri. Selain itu, Khania Khansa Nailah, Medina Alifia Zahrani, Pearliani Fatima Harum, Alyamitha Nadiyah Syafitri,  dan Shafa Amusyah Fadhilah.

Sebelumnya, pada tahun 2015, SMP Bosowa Bina Insani kelas internasional juga mencatatkan prestasi. “Salah seorang siswa kami, yakni Amira Nazeeya, berhasil meraih A* untuk tiga bidang studi, yakni ESL, Math dan Combined Science untuk kategori IGCSE,” ujarnya.

Sudirman mengaku  bersyukur atas prestasi yang diraih siswa SMP Bosowa Bina Insani kelas Internasional dalam ujian Cambridge. “Alhamdulillah, siswa kami baru dua  kali ikut ujian Cambridge, dan berhasil meraih prestasi yang terus meningkat dari tahun pertama ke tahun kedua. Semoga tahun-tahun berikutnya siswa kami menorehkan prestasi-prestasi yang jauh lebih hebat lagi,” papar Sudirman.