Kamis 19 Jan 2017 23:35 WIB

Banyak Sekolah di Lampung tak Siap Gelar UNBK

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Nidia Zuraya
  Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).   (ilustrasi)
Foto: Republika/Yasin Habibi
Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG –- Setelah menggelar rapat musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS) tingkat SMA/SMK pada Selasa (17/1) lalu, ternyata belum semua sekolah di Bandar Lampung siap menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Sulpakar mengatakan, dari pernyataan kepala sekolah seusai rapat MKKS, belum semua sekolah memberikan pernyataan siap menggelar UNBK secara sarana dan prasaran pendukung termasuk operator pelaksanaan UNBK. “Belum semua siap,” katanya.

Menurut dia, belum adanya pernyataan siapnya pihak sekolah untuk menggelar UNBK tahun ini, karena persoalan sarana dan prasaran serta operator pendukung UNBK. Namun, piahak Disdikbud Lampung masih menunggu pernyataan siap dari sekolah sampai Jumat (20/1).

Ia mengatakan tenggat waktu Jumat pihak sekolah telah menyerahkan pernyataan kesiapan UNBK yang akan digelar pada 10-13 April mendatang, yang kemudian akan direkap dan diumumkan segera.

Ketua MKKS SMA Bandar Lampung, Badruz Zaman, mengklaim ada 21 SMA yang siap melaksanakan UNBK pada April mendatang. Pada tahun lalu, peserta UNBK hanya sembilan sekolah, tahun ini meningkat menjadi 21 sekolah, dan bisa bertambah hingga Jumat mendatang.

Data MKKS, jumlah sekolah tingkat SMA/SMK yang menggelar UN di Kota Bandar Lampung sebanyak 61 sekolah dengan pesertanya 8.730 siswa, 21 sekolah sudah menyatakan siap menggelar UNBK tahun ini.

Sebelum UNBK, pihak sekolah menggelar ujian sekolah berstandar  nasional (USBN) pada 20-23 Maret 2017, dan US 27-31 Maret 2017. Mengenai soal USBN persentasi soalnya 75 persen dari lokal oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran, dan 25 persen dari Kemendikbud. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement