Selasa 17 Jan 2017 17:08 WIB

Tahun Ini, Seluruh SMP di Yogya Gelar UNBK

Rep: Yulianingsih/ Red: Dwi Murdaningsih
Siswa-siswi MTSN 3 Jakarta, mengerjakan soal ujian mata pelajaran bahasa Indonesia saat Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (9/5).
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Siswa-siswi MTSN 3 Jakarta, mengerjakan soal ujian mata pelajaran bahasa Indonesia saat Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (9/5).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Tahun ini seluruh SMP baik negeri maupun swasta di Kota Yogyakarta akan menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Bagi SMP yang sudah memiliki labolatorium komputer dan jumlah komputer memenuhi syarat akan menggelar UNBK di sekolahnya. Namun bagi SMP yang belum memenuhi syarat, UNBK akan digelar di SMA/SMK yang bernaung di satu yayasan.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dikpora) DIY dan sudah diperbolehkan menggunakan sarana komputer di SMA/SMK yang berada di satu yayasan dengan SMP," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Edy Hery Suasana, Selasa (17/1).

Edy mencontohkan, untuk SMP MUhammadiyah yang belum memiliki prasarana komputer yang memadai untuk UNBK bisa menggelar UNBK di SMK atau SMA Muhammadiyah terdekat. Untuk SMP yang tidak memiliki SMA atau SMK yang satu yayasan, akan difasilitasi oleh Dinas Pendidikan setempat. Tahun ini, kata Edy, menganggarkan pengadaan 250 unit komputer baru bagi SMP di Yogyakarta.

Anak Pedagang Ayam Raih Gelar Doktor di Usia 29 Tahun

Dia juga sedang menunggu dari Kementrian Pendidikan untuk hibah pengadaan komputer. Sebab, tahun ini Kemendiknas melakukan pengadaan 50 ribu unit komputer baru untuk pelaksanaan UNBK tersebut.

UNBK untuk SMP dan SMA atau SMK pelaksanaanya tidak bersamaan. Dengan begitu siswa SMP bisa menggunakan fasilitas komputer di SMA atau SMK untuk pelaksanaan UNBK tingkat SMP tersebut. Tahun ini UNBK tingkat SMP dibuat dengan dua gelombang pelaksanaan. Ini dilakukan agar SMP yang belum melaksanakan UNBK di gelombang I bisa menggikuti pada gelombang II.

Gelombang I UNBK dilaksanakan tanggal 2,3,4 dan 15 Mei. Sedangkan gelombang II dilaksanakan tanggal 8,9,10 dan 16 Mei. Setiap hari kata Edy, ada satu mata pelajaran yang diujikan dimana dalam satu hari pelaksanaan UNBK terbagi dalam 3 shift. "UNBK tahun ini monitoringnya juga dilakukan oleh pusat," katanya.

Mata pelajaran yang masuk UNBK di SMP adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA dan Matematika. Tahun lalu di Kota Yogyakarta baru ada dua SMP yang menggelar UNBK yaitu SMPN 5 dan SMPN 8 Yogyakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement