Rabu 04 Jan 2017 18:03 WIB

Kemendikbud Sasar 896 Ribu Yatim Piatu Sebagai Penerima KIP 2017

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Bayu Hermawan
Kartu Indonesia Pintar (ilustrasi)
Foto: Republika/Wisnu Aji Prasetiyo
Kartu Indonesia Pintar (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan menyasar 896 ribu siswa yatim/piatu sebagai penerima manfaat Kartu Indonesia Pintar (KIP) pada 2017. Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan pihaknya siap menyalurkan KIP kepada anak yatim/piatu se-Indonesia

"Siswa yatim/yatim piatu sebanyak 896 ribu akan mendapat KIP 2017," kata Dirjen Dikdasmen Kemdikbud, Hamid Muhammad dalam pesan singkat yang diterima wartawan, Rabu (4/1).

Kendati demikian, ia menyebut, jumlah penerima manfaat KIP tidak ada penambahan, yakni 16.487.872 anak. Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, Kemdikbud akan menyalurkan KIP untuk anak yatim berdasarkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

"Yang sudah ada sebanyak 40 ribu lebih. Tetapi masih perlu divalidasi dan kemungkinan bisa tambah," ujarnya.

Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu mengatakan, validasi akan dilakukan dengan data yang ada di Kementerian Sosial (Kemsos).

Ia memperkirakan akan ada penambahan jumlah penerima manfaat KIP. Muhadjir menuturkan, penyaluran akan dilakukan melalui masing-masing sekolah.

"Sekolah ikut bertanggung jawab mencari dan mengajak masuk sekolah anak usia sekolah di sekitarnya," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement