Rabu 16 Nov 2016 08:31 WIB

Mendikbud akan Kunjungi Sekolah Athirah

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mendikbud Muhadjir Effendy
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mendikbud Muhadjir Effendy

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dijadwalkan mengujungi sekolah di Pulau Barrang Lompo dan Sekolah Athirah di kompleks Baruga Antang Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (16/11).

"Besok pagi agenda pak Menteri Muhadjir akan menuju ke Pulau Barrang Lompo untuk melihat sekolah satu atap serta membagikan Kartu Indonesia Pintar kepada beberapa murid di sana," kata staff pribadi Mendikbud, Anwar Hudijono kepada wartawan di Makassar, Selasa (15/11).

Selain mendatangi sekolah di pulau, agenda lainnya akan mengunjungi sekolah Athirah diketahui milik Wakil Presiden Jusuf Kalla di kompleks perumahan elit Bukit Baruga, Antang, Kecamatan Manggala, Makassar.

"Kunjungan di sekolah Athirah adalah ingin melihat langsung sekolah yang menanamkan serta mengajarkan pendidikan karakter bagi siswanya untuk dijadikan percontohan di Indonesia," ujar jurnalis senior Harian Kompas ini ke awak media.

Saat ditanya alasan apa sampai mau mendatangi sekolah yang terbilang elit tersebut dan mayoritas bersekolah di sana anak pejabat dan orang mampu, kata Anwar, setelah disurvei hanya satu sekolah yang menanamkan siswanya dalam pembentukan pendidikan berkarakter dan punya nilai religius.

Menurut dia, Mendikbud sangat komitmen dengan revitalisasi dunia pendidikan utamanya berbasis karakter, mengingat untuk mengubah watak orang Indonesia sejak dini adalah menanamkan pendidikan berkarakter.

Sedangkan agenda lainnya, Mendikbud Muhadjir akan melakukan pertemuan dengan para guru serta Kepala Sekolah se Sulawesi Selatan di inisiasi Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Kementerian Pendidikan perwakilan Sulawesi Selatan.

Sementara Direktur Yayasan Athirah Edi Sutarto pada kesempatan mengatakan sekolah Athirah sejak awal berdiri telah menanamkan pendidikan berkarakter kepada siswanya.

"Athirah sejak awal memang mengajarkan pendidikan karakter dan telah menjadi model Kementerian Pendidikan tentang pendidikan karakter untuk menjadi pilot project untuk diterapkan di sekolah-sekolah lainnya di Indonesia," katanya menjelaskan.

Direktur LPMP Sulsel Abdul Halim Muharram menyatakan telah menyiapkan pertemuan tersebut di Makassar jauh-jauh sebelumnya. Hingga adanya kepastian dari Kemendikbud, maka Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dan seluruh kepala sekolah maupun guru akan dikumpulkan untuk bertemu menteri.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement