Rabu 05 Oct 2016 09:21 WIB

Buku Pendidikan Jasmani Berbau Vulgar Beredar di Sumbar

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Andi Nur Aminah
Siswa-siswi sekolah dasar (SD)
Siswa-siswi sekolah dasar (SD)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Buku pelajaran yang diduga berkonten vulgar kembali beredar. Dalam buku pendidikan jasmani untuk kelas V SD di Kabupaten Pasaman, Sumatra Barat, ditemukan pertanyaan yang tidak semestinya dijawab oleh siswa SD.

Pada Bab 5 buku ini, siswa diminta menyebutkan nama alat kelamin pria serta apa yang dikeluarkan dari alat kelamin pria. Menanggapi beredarnya buku pelajaran berbau vulgar ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatra Barat menyayangkannya dan meminta agar buku ini segera ditarik dari peredaran.

"Ini masih sangat tabu bagi anak SD," kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumbar, Bustavidia, Selasa (5/10).

Sedikitnya, ada delapan pertanyaan di halaman tersebut. Setiap pertanyaan diikuti dengan jawaban pilihan ganda A, B, C dan D. Tidak hanya itu, pada sub bagian rangkuman juga disebutkan dengan detail tentang perubahan organ vital laki-laki dan perempuan yang seharusnya belum diajarkan di tingkat SD.

Buku karangan Dadan Heryana dan Giri Verianti tersebut diterbitkan oleh Acarya Media Utama yang dialihkan Hak Cipta kepada Kementerian Pendidikan Nasional. Kemudian, diterbitkan kembali oleh Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010.

Buku tersebut berjudul Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan: Untuk Siswa SD-MI Kelas 5, dan berisi 144 halaman. Di dalam buku, ada pelajaran dan juga beberapa sub judul yang membantu para siswa latihan selesai membaca tulisan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement