Ahad 25 Sep 2016 05:52 WIB

IAIN Manado dan STAIN Sorong Kembangkan Kerja Sama Asia Tenggara

Kampus IAIN Manado
Foto: energitoday
Kampus IAIN Manado

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- IAIN Manado dan STAIN Sorong menapak kerja sama lintas negara di Asia Tenggara. Kerja sama dimulai dengan pertemuan di Universiti Kebangsaan Malaysia bertempat di Fakulti Sains Sosial dan Kemanusiaan (FSSK). Sejumlah poin kerja sama dibahas.

Dekan FSSK, Prof Dr Ekhwan Toriman yang menerima rombongan bersama dengan wakil dekan bidang pascasarjana dan hubungan internasional FSSK, Sabtu (24/9) menyampaikan sambutan agar jalinan kolaborasi bisa berkelanjutan. Direktur pasca sarjana IAIN Manado, Dr. Rivai Bolotio mengemukakan hasrat kerja sama bisa terjalin dalam bidang pengembangan akademik.

Selanjutnya, IAIN Manado secara intensif akan mendorong mahasiswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan antarbangsa. Sementara itu, Sekretaris pascasarjana STAIN Sorong, Ismail Suardi Wekke, Ph.D, yang turut dalam diskusi tersebut menyampaikan beberapa kolaborasi yang memungkinkan dilaksanakan bersama.

IAIN Manado dan STAIN Sorong bersama-sama mengembangkan program untuk memfasilitasi mahasiswa pascasarjana dalam menulis dan melakukan publikasi. Dengan rintisan ini akan menjadi sarana dalam membentuk jaringan akademik se Asia Tenggara. Sedangkan untuk memfasilitasi pengembangan mahasiswa akan diadakan International Postgraduate Research Conference.

Dr. Rivai juga mengemukakan persiapan dalam beberapa hal untuk menerima dosen tamu dari Universitas Kebangsaan Malaysia. Begitu juga dengan STAIN Sorong, Papua Barat. Sejak berdiri tahun lalu, pascasarjana STAIN Sorong sudah menera dua angkatan dalam program studi pendidikan agama Islam. Dengan distingsi kepemimpinan transformatif, pascasarjana STAIN Sorong akan menjadi bagian dalam pengembangan keilmuan yang tidak terbatas pada wilayah Papua dan Papua Barat. Secara luas, arah akademik dapat dikembangkan ke kawasan Asia Tenggara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement