Jumat , 27 Mei 2016, 13:26 WIB

Mendikbud: Kita Punya Banyak Stok Pendidik

Red: Esthi Maharani
Republika/Agung Supriyanto
Anies Baswedan
Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengatakan Indonesia masih memiliki stok tenaga pendidik yang banyak untuk membawa Indonesia ke depan lebih baik dan berprestasi.

"Saya optimistis Indonesia ke depan akan lebih baik, maju dan berprestasi di segala bidang, termasuk di bidang pendidikan," kata Menteri Anies Baswedan pada acara Penganugerahan Guru Tenaga Kependidikan (GTK) PAUD dan Dikmas Berprestasi Tingkat Nasional di Palu, Jumat (27/5).

Ia mengatakan guru adalah kunci keberhasilan pendidikan di Tanah Air. Kunci itu ada dua fungsinya yaitu untuk membuka dan juga mengunci. Artinya membukakan dan bisa menutup. Karena itu, katanya, ketika guru menjadi kunci, jadilah kunci yang membuka wawasan dan memerdekakan anak dalam berimajinasi dan bercita-cita. Menjadi kunci yang menunjukan arah untuk meraih keberhasilan di masa depan.

"Insah Allah di sini bapak/ibu yang hadir sebagai peserta Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas menjadi kunci-kunci keberhasilan pendidikan di Tanah Air yang akan mempersiapkan anak bangsa yang cerdas, pintar, berprestasi, bermoral, berbudaya dan juga berintegritas," katanya.

Ia mengatakan Indonesia ke depan ada di tangan tenaga pendidik yang dapat melahirkan anak-anak bangsa yang berintegritas dan berprestasi di segala bidang.

Menteri Anies juga mengatakan guru bisa memberikan kesempatan siswanya untuk berkompetisi. Bukan untuk saling mengalahkan, tetapi menunjukan prestasi yang terbaik dengan segala potensi yang ada pada diri masing-masing.

"Lawan di dalam sebuah kompetisi adalah teman. Lawan dalam badminton (bulutangkis) adalah teman olahraga. Itu bedanya lawan dengan musuh.
Kalau musuh pasti saling menghabisi, tetapi teman dalam kompetisi justru saling menguatkan," katanya.

Sumber : antara